Beranda / Berita / Masyarakat Diminta Proaktif Awasi Rekrutmen PPK dan PPS

Masyarakat Diminta Proaktif Awasi Rekrutmen PPK dan PPS

Sabtu, 11 Mei 2024 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia

Saddam Rassanjani, akademisi FISIP Universitas Syiah Kuala dan peneliti Jaringan Survei Inisiatif. Foto: Ist


DIALEKSIS.COM | Aceh - Saddam Rassanjani, akademisi FISIP Universitas Syiah Kuala dan peneliti Jaringan Survei Inisiatif, meminta masyarakat Aceh proaktif mengawasi proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu dan Pilkada 2024. Ia meminta warga segera melaporkan jika menemukan pelanggaran.

"Rekrutmen PPK dan PPS berpotensi disusupi dan dipengaruhi kepentingan partai politik untuk kebutuhan Pilkada 2024," ujar Rassanjani kepada Dialeksis.com, Sabtu (11/5/2024).

Menurut dia, masyarakat dapat melaporkan temuan pelanggaran kepada Jaringan Survei Inisiatif selaku lembaga pemantau Pemilu dan Pilkada. Selain itu, laporan juga dapat disampaikan ke Bawaslu Aceh maupun Panwaslu Kecamatan.

Rassanjani menekankan pentingnya pengawasan publik agar petugas PPK dan PPS yang terpilih memiliki integritas tinggi, profesional, dan bebas dari kepentingan politik partai tertentu.

"Tidak sebatas itu saja, proses pengawalan saat pencoblosan dan saat mereka menjalankan fungsi dan peran sangat penting agar mereka bekerja sesuai dengan aturan," ujarnya.

Akademisi itu menghimbau masyarakat Aceh agar ikut mengawasi setiap tahapan pemilihan umum guna menjaga integritas dan kualitas demokrasi di daerah itu.

"Pengawasan masyarakat krusial untuk menjamin pemilu yang berkualitas," pungkas Rassanjani. [ra]

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda