Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Kodim 0101/BS dan DSM Pioneer Indonesia Gelar Panen Raya Jagung P35

Kodim 0101/BS dan DSM Pioneer Indonesia Gelar Panen Raya Jagung P35

Sabtu, 14 Juli 2018 17:05 WIB


Dialeksis.com, Aceh Besar - Kodim 0101/BS bekerjasama dengan DSM Pioner Indonesia menggelar acara panen raya jagung Pioneer bersama Forkopimda Aceh Besar di lahan seluas 40 hektar tepatnya di Desa Meunasah Teunong Mukim Lamkabeu Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar, Jum’at (13/07/18).

Komandan Kodim 0101/BS dalam sambutannya menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakannya acara panen bersama ini untuk memberikan stimulus kepada pemerintah didukung oleh masyarakat, karena jagung merupakan salah satu produk unggulan di kementerian pertanian.

“Salah satu produk yang sedang menjadi program unggulan di kementrerian pertanian ada tiga yakni Pajale. Padi, Jagung dan Kedelai,” terang Dandim.

Untuk tanaman padi pada tahun 2017 pertama kalinya pelaksanaan ekspor setelah beberapa tahun tidak pernah mengekspor, selalu mengimpor dalam jumlah besar.

“Kalaupun padi itu kita melaksanakan impor beras kita merasa lain, hal itu semata-mata untuk keseimbangan pasar saja tetapi kalau dilihat dari aspek ketersediaan nasional masih cukup demikian pula untuk wilayah Aceh Besar belum pada level mengkhawatirkan,” tuturnya.

Sementara jagung di Kabupaten Aceh Besar, lanjut Dandim, ini mempunyai potensi yang sangat tinggi baik dari potensi tanam kemudian potensi masyarakat termasuk ketersediaan bibitnya. Itu sebabnya, pelaksanaan panen bersama ini, diharapan bisa mencari varietas dan alternatif lain yang tidak harus selalu terkonsentrasi kepada tanaman jenis padi.

“Memang makanan pokok kita sampai dengan saat ini masih makan beras yang ditanam petani padi, tapi kita jangan lupa bawa jagung ini bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan,” imbuhnya.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Aceh Besar diwakili Plt. Kadistan Aceh Besar Efendi, Kapolres Aceh Besar diwakili, DSM Pioneer Indonesia Erwin Batubara, Pasiter Kodim 0101/BS, para Danramil, Kapolsek, BPP, Ketua KTNA se Kabupaten Aceh Besar dan masyarakat setempat. (rel)

Editor :
Sammy

IKLAN PKS LEBARAN
Komentar Anda