Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Masyarakat Ujung Batu Labuhanhaji Ikut Pelatihan Satgas Anti Narkoba

Masyarakat Ujung Batu Labuhanhaji Ikut Pelatihan Satgas Anti Narkoba

Kamis, 14 Februari 2019 12:31 WIB


DIALEKSIS.COM | Tapaktuan - Puluhan masyarakat Gampong Ujung Batu Kecamatan Labuhanhaji, Aceh Selatan mengikuti pelatihan Satgas Anti Narkoba dan Tes Urine (SANTU). 

Acara tersebut berlangsung Kamis (14/2/2019) di gedung serbaguna Kantor Camat Labuhanhaji, yang dihadiri unsur Muspika Labuhanhaji, Camat T. Masri, SH, MM, Kapolsek Iptu Harun dan Danramil Letda Syamsul Yadi dan pematerinya dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Aceh Selatan.

Kepala Gampong Ujung Batu, Supardi menyebutkan pelatihan tersebut sudah dianggarkan dananya dari dari dana gampong tahun 2018 lalu dan realisasinya pelatihan pada tahun 2019, katanya.

Menurut dia, pelatihan satgas anti narkoba dipandang perlu diadakan, karena peredaran narkoba telah menjadi masalah di Desa tersebut. "Masalah narkotika sedang melanda masyarakat, kita melatih warga untuk mencegah narkoba berkembang di kampung," kata Supardi.

Dengan adanya pelatihan itu, para remaja tahu sebab akibat memakai narkotika. "bagaimana narkoba jadi musuh kita semua, termasuk remaja," sebutnya

Pelatihan ini juga diharapkan dapat menghindarkan warga dari Narkoba, selain melanggar hukum, narkoba juga bertentangan dengan agama, "Warga labuhan haji bisa terhindar dalam pemakaian barang terlarang itu," sebut Supardi.

Kapolsek, Camat dan Danramil Kecamatan Labuhanhaji, memberikan apresiasi kepada keucik Gampong Ujung Batu, yang melakukan pelatihan Satgas anti narkoba dan tes urine kepada masyarakat desanya, selain puluhan pemuda juga perangkat gampong.

Sementara Kapolsek Iptu Haron dan Danramil Labuhanhaji, Syamsul Yadi, menyampaikan dalam kesempatan yang sama menyebutkan pihaknya akan menangkap pakai dan pengedar narkoba di wilayah Labuhan Haji.

Iptu Harun menyebutkan bila ada yang memakai narkotika, mereka mengimbau kepada masyarakat supaya cepat-cepat menyerahkan pada pihak kepolisian. "Tidak akan ditangkap, hanya dilakukan pembinaan dan perehapan, tapi bila bila sedang mengisap dan tertangkap, maka tidak ada ampunannya," sebut Iptu Harun

Kepala BNNK Aceh Selatan, Nuzulian, S. Sos dihubungi usai pelaksanaan pelatihan Kamis (14/2/2019) menyebutkan bahwa Keucik Ujung Batu Labuhanhaji, sudah melakukan pelatihan satgas anti narkoba dan tes urine terhadap perangkat gampong dan pemuda, katanya.

"Alhamdulilah, di Kecamatan Labuhanhaji, baru satu desa yang melakukan itu yaitu Gampong Ujung Batu, dan di Aceh Selatan, sudah dilakukan beberapa gampong, ucapnya.(yun)

Reporter :
Yunardi
Editor :
Jaka Rasyid

Komentar Anda