Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Pemudik di Bandara SIM Aceh Masih Sepi

Pemudik di Bandara SIM Aceh Masih Sepi

Rabu, 13 Juni 2018 09:00 WIB



Bandara Sultan Iskandar Muda (Foto: SkyCraperCity)

DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Pada H-3 lebaran terpantau arus mudik penumpang di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda  (SIM) Blang Bintang Aceh Besar masih sepi, belum terjadi pergerakan penumpang dengan jumlah yang besar, Selasa (12/6/2018).  


Pantauan RRI di Bandara SIM, penumpang yang berada di bandara terbesar di Aceh ini umumnya adalah penumpang yang diketahui selama ini  bekerja di Aceh dan ingin pulang ke kampung halaman.


Koordinaor Of Service Quality PT. Angkasa Pura II Surya Bunaya kepada RRI menjelaskan di Aceh Besar, Selasa (12/6/2018) menjelaskan, menurut data yang tercatat pada perbandingan tahun 2017 lalu,  penumpang di Bandara SIM Aceh cenderung menurun dibandingkan dengan hari-hari biasa.


"Pada pertengahan bulan Ramadhan bahkan hanya 5 pesawat yang melakukan penerbangan. Tapi sekarang sudah normal lagi flight penerbangannya," kata Surya.


Dirinya juga belum bisa memastikan kapan puncak arus mudik di Bandara SIM Aceh akan terjadi.


"Karena terpantau hingga hari ini penumpang masih sepi. Cenderung penumpang domestik yang berangkat  dari Bandara SIM ke kampung masing-masing, kita pantau dulu perkembangan apakah hari ini atau besok puncaknya," tambahnya.


Dijelaskan Surya, pada H-4 pihaknya mencatat jumlah penumpang menurun sekitar 4 persen. Sementara pada H-5 sedikit mengalami kenaikan. Prediksi lonjakan penumpang dipastikan akan ramai pada pasca lebaran karena banyak wisatawan yang berkunjung ke Aceh.


"Kalau sekarang yang ramai justru penumpang yang berangkat. Tapi pasca lebaran nanti kita prediksi dari H+4 hingga H+5 akan kembali terjadi lonjakan penumpang. Umumnya wisatawan yang kembali berlibur ke Aceh baik dari domestik maupun mancanegara," ungkapnya.


Meskipun jumlah penumpang sedikit menurun, sebut Surya, PT. Angkasa Pura II mencatat trend jumlah penumpang pada arus mudik lebaran dari tahun 2014 hingga 2017 mengalami kenaikan sebesar 28 persen.


Saat ini, ada 12 penerbangan yang beroperasi di Bandara SIM Aceh pada setiap harinya. Satu penerbangan domestik jurusan batam non aktif, sementara satu penerbangan internasional jurusan penang Malaysia melakukan penambahan jadwal penerbangan.


Di Bandara SIM Aceh ada 8 maskapai penerbangan yang melayani penumpang, 5 maskapai melayani penerbangan domestik, dan tiga maskapai lainya melayani penerbangan internasional. (KBRN/RRI)

Editor :
HARISS Z

IKLAN SYAMSUL RIZAL ACADEMIC LEADER 2018
Komentar Anda