Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / PLI UIN Ar-Raniry Sosialisasi Peluang Kuliah ke Luar Negeri

PLI UIN Ar-Raniry Sosialisasi Peluang Kuliah ke Luar Negeri

Sabtu, 16 Maret 2019 16:08 WIB


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - seratusan mahasiswa dari beberapa universitas di Aceh mengikuti sosialisasi masuk perguruan tinggi di Amerika Serikat, kegiatan tersebut difasilitasi oleh Pusat Layanan Internasional Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, berlangsung di Ruang Sidang Rektor lantai II gedung Rektorat UIN Ar-Raniry Darussalam, Jumat (15/3/2019).

Kepala Pusat Layanan Internasional UIN Ar-Raniry, Dr. H. Luthfi Aunie, MA , usai kegiatan tersebut mengatakan, bahwa acara yang digelar PLI UIN Ar-Raniry dalam rangka memberikan informasi kepada generasi muda aceh tentang peluang beasiswa dan profil kampus-kampus yang ada di amerika serikat.

Luthfi Aunie menambahkan, pada kegiatan tersebut hadir Assistant Director for International Student Recruitment University of Arkansas, USA, Karl E Anderson untuk mempromosikan kampus Arkansas sekaligus menjajaki kerjasama dengan UIN Ar-Raniry.

Dalam kunjungan itu, Karl Anderson juga mempresentasikan tentang kuliah ke Amerika Serikat termasuk langkah-langkah dan persiapan mendaftar, baik program S1, S2, dan S3. Informasi terkait hal tersebut dapat diperoleh langsung di Education USA, kantornya di Museum kampus UIN Ar-Raniry.

Education USA merupakan pusat informasi pendidikan tinggi di Amerika Serikat yang bernaung di bawah Biro urusan pendidikan dan kebudayaan di Kementerian Luar Negeri AS. Education USA Aceh adalah wujud kerjasama antara Pemerintah AS, Pemerintah Aceh dan UIN Ar-Raniry yang bertujuan sebagai pusat informasi study ke Amerika Serikat bagi seluruh masyarakat Aceh.

Karl E Anderson, dalam paparannya menyatakan, bahwa ada banyak pilihan program studi yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat, semua calon mahasiswa dapat mendaftar.

“Bahwa kampus di Amerika Serikat menawarkan kesempatan memperoleh assistantship dari kampus, di mana mahasiswa dapat mengajar sekaligus mendapatkan bantuan finansial dari kampus tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk melanjutkan kuliah ke USA, calon mahasiswa dianjurkan untuk mencari informasi yang komprehensif tentang universitas dan program studi yang diinginkan.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan, pihak UIN Ar-Raniry menyambut baik kegiatan tersebut, serta mendukung kepada generasi muda Aceh yang ingin melanjutkan pendidikan ke kampus-kampus luar negeri.

Kegiatan tersebut, diikuti oleh seratusan mahasiswa dari beberapa kampus di Aceh, yaitu dari UIN Ar-Raniry, Universitas Abulyatama, Unsyiah, Poltekes Aceh, Universitas BBG Banda Aceh, dan UAD. Turut hadir Warek I, Dr.H.Gunawan, MA, Ph.D, Warek III, Dr. Saifullah, M.Ag, serta para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerja sama di Lingkungan UIN Ar-Raniry. [Nat]

Editor :
Pondek

Komentar Anda