Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Satu Lagi Jemaah Haji Aceh Meninggal di Mina

Satu Lagi Jemaah Haji Aceh Meninggal di Mina

Kamis, 15 Agustus 2019 13:10 WIB

Ribuan orang melempar jumrah pada hari tasyrik pertama di Jamarat, Senin (12/8/2019). [Foto/SINDOnews/Abdul Malik Mubaro]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Seorang Jemaah Haji Aceh asal Peusangan, Kabupaten Bireuen yang tergabung dalam kloter 09-BTJ, Amiruddin Muhammad Adam, 54 tahun, meninggal dunia di Mina, Rabu (14/8/2019).

Amiruddin meninggal pada jam 14.00 waktu Arab Saudi, saat jemaah akan bergerak pulang ke hotel. Hal tersebut disampaikan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 9, Zulkifli Idris kepada Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Nasril.

"Assalammualaikum, Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah jemaah kloter 09 BTJ, atas nama Amiruddin Muhammad Adam, umur 54 tahun, asal Desa Blang Asan Kec. Peusangan Kab. Bireuen, jam 14.00 WAS di Mina (Nafar Tsani) Menjelang pemulangan jemaah ke Mekah," jelas Zulkifli melalui aplikasi perpesanan daring.

"Jenazah sudah dibawa ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), bersama isteri, dokter dan ketua kloter," terang Zulkifli. Sementara TPIHI mengkoordinir jemaah yang sedang diangkut dari Mina ke hotel. "Alhamdulillah, sekarang jemaah sudah di hotel semuanya," lanjutnya.

Dari tim kesehatan, diketahui bahwa Amiruddin selama tiga hari berturut-turut ikut melontar jamarat sendiri. Tidak ada keluhan terhadap kesehatannya. "Hanya saja, tadi (14/8) pagi, sekitar jam 06.30, almarhum mengeluh demam," jelas TKHI kepada tim kesehatan embarkasi haji Aceh, dokter Maya Sofia.

Dari hasil diagnosa, almarhum meninggal dunia karena syok kardiogenik atau gangguan jantung mendadak. Sejak tiga tahun lalu, Amiruddin mempunyai riwayat kadar lemak darah berlebihan dan hipertensi.

Sementara itu, M Nasril mengatakan bahwa saat ini pengurusan sertifikat kematian (CoD) oleh petugas kloter bersama pihak maktab sudah selesai. "Jenazah disalatkan di mesjid Alhijrah Mina, dan dimakamkan di Syaraya," jelas Nasril

Nasril juga menjelaskan bahwa untuk musim haji tahun 2019 ini, sudah enam jemaah asal Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi, empat di Mekah dan dua di Mina.

Sebelumnya, Salmiyah binti Muhammad Daud (69) asal Pidie Jaya, yang tergabung dalam kloter 1, wafat di RSAS King Faisal, Syisyah Makkah, Sabtu (3/8). Lalu Hazanah binti Muhammad Yusuf (63) dari kloter 2, asal Aceh Timur meninggal dunia pada Minggu (4/8) dan Abdurahman Chasbullah Surati (62) dari kloter 2 asal Ulee Kareng, Banda Aceh, meninggal pada Senin (5/8).

Lalu JCH dari kloter 10, Tarmizi Bungau Agam (76) asal Aceh Selatan, meninggal dunia pada Kamis (8/8) di Mekah, dan Bungsu Daud binti Daud Cut Agam (68 tahun) asal Kecamatan Titeu, Pidie, tergabung dalam Kloter 11 meninggal dunia di Mina, Senin (12/8) lalu. (pd)


Editor :
Pondek

dpra
Komentar Anda