Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Semarak Pemilu Serentak 2019, KIP Banda Aceh Gelar Lomba Kreasi Pentas Seni

Semarak Pemilu Serentak 2019, KIP Banda Aceh Gelar Lomba Kreasi Pentas Seni

Minggu, 17 Maret 2019 19:00 WIB


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Menjelang Pemilu serentak 17 April mendatang, berbagai cara dilakukan untuk menyemarakkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Salah satunya Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh akan menggelar lomba kreasi pentas seni bagi pemilih pemula pelajar se-Kota Banda Aceh. Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady mengatakan perlombaan tersebut merupakan bentuk konkrit komitmen KIP Banda Aceh dalam menjaring partisipasi masyarakat terutama pemilih pemula di kota Banda Aceh.

“Kreasi pentas seni kita laksanakan dalam rangka mensukseskan Pemilu serentak 17 April mendatang dengan memberi ruang seluas-luasnya kepada masyarakat umum khususnya pemilih pemula untuk dapat berpartisipasi,” Ujar Indra.

Lomba-lomba kepemiluan, lanjut Indra, merupakan salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan KIP Banda Aceh dalam rangka mencapai target partisipasi pemilih Pemilu 2019 sebesar 77,5% secara nasional.

“Partisipasi masyarakat penting dalam proses demokrasi, semakin tinggi partisipasi pemilih menjadi parameter suksesnya pemilu yang akan berdampak pada legitimasi penyelenggaraan pemilu terutama di kota Banda Aceh,” kata Indra.

Perlombaan sendiri akan dilaksanakan pada Minggu (31/3) di taman Putro Phang Banda Aceh. Adapun jenis kreasi yang diperlombakan adalah tari Rapa’i Geleng yang terdiri dari 9-15 orang setiap grup. Indra mengatakan pemilihan tarian rapai geleng untuk diperlombakan adalah sebagai salah satu tarian yang merepresentasikan identitas budaya masyarakat. Ia berharap ajang perlombaan ini mampu membawa nuansa positif menjelang hari pencoblosan 17 April mendatang.

“Kita ingin menjadikan perlombaan ini ajang kreativitas bagi pelajar dalam menampilkan identitas budayanya agar tidak tergerus zaman, serta mampu menumbuhkan kesadaran positif, terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkas Indra.

Perlombaan di buka untuk pelajar putra dengan tingkatan umur SMA/MAN sederajat dan terdiri dari 9 orang dan maksimal 15 orang setiap grup. Setiap grup wajib membawakan penyajiannya sesuai struktur (rukun) Rapa’I Geleng yaitu: Salawat pembuka, salam, puji-pujian, Likok, saman, kisah dan Lanie (lagu hiburan). Setiap peserta tidak di benarkan membawa syair atau nyanyian yang mengandung SARA, provokasi, sanjungan pihak tertentu yang berlebihan dan hilangnya nilai etika, dan tidak memuat dukungan atau kepentingan politik tertentu terhadap peserta pemilu.

KIP Banda Aceh membuka pendaftaran sejak 18-28 Maret 2019. Total hadiah yang diperebutkan adalah senilah 10 Juta rupiah.

Pendaftaran dapat dilakukan di kantor KIP kota Banda Aceh, Jl. Pocut Baren No. 20, Laksana, Kuta Alam, Banda Aceh, atau dapat mengunduh formulir pendaftaran di link berikut: bit.ly/pentasseni2019

(PD)



Editor :
Pondek

Komentar Anda