Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Tingkatkan Ekonomi Produktif, Dinsos Aceh Selenggarakan Bimtek

Tingkatkan Ekonomi Produktif, Dinsos Aceh Selenggarakan Bimtek

Minggu, 14 Juli 2019 07:10 WIB

Font: Ukuran: - +

Bimtek dipandu langsung oleh Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Aceh, Cut Aja Muzita, S. STP, MPA


DIALEKSIS.COM | Aceh Tamiang - Dinas Sosial Provinsi Aceh berkerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan Pelatihan dan Bimbingan Sosial Keluarga Miskin di Aula SMIP Kualasimpang, Sabtu (13/07/19) sekira pukul 10.00 wib, yang dipandu langsung oleh Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Aceh Cut Aja Muzita, S. STP, MPA.

Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup PMKS, meningkatkan peran dalan proses industrilisasi, percepatan pengalihan teknologi dan peningkatan kualitas SDM.

Selanjutnya dapat meningkatkan peran masyarakat sebagai sumber pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, peningkatan daya saing serta peningkatan masyarakat berpenghasilan rendah. Meningkatkan keberdayaan dan kualitas masyarakat pedesaan dan juga program pengembangan komoditi unggulan daerah.

Kegiatan yang digelar ini terbagi dalam dua sesi yaitu pelatihan dan bimbingan sosial untuk penerimaan bantuan kelengakapan aneka usaha untuk UEP bagi keluarga miskin. Dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 130 orang dan 5 orang pendamping. Untuk 130 orang penerima manfaat tersebut akan mendapatkan bantuan barang-barang untuk usaha dibidang pertanian seperti usaha pertanian cabai 15 orang, jagung 25 orang.

Selanjutnya untuk usaha bengkel/tempel ban 20 orang, industri rumah tangga usaha kue 30 orang serta untuk pedang kios sebanyak 40 orang.

Selanjutnya pada sesi kedua yaitu pelatihan dan bimbingan untuk penerima bantuan stimulan UEP dengan jumlah peserta sebanyak 84 orang. Nantinya para peserta atau penerima manfaat akan mendapatkan bantuan usaha berupa barang-barang untuk pertanian jagung sebanyak 32 orang, pertanian cabai 32 orang, industri rumah tangga pembuatan kripik 10 orang serta perlengkapan usaha pangkas sebanyak 10 orang.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang M. Ali Jhon, SE, Kabag Kesra dan Keistimewaan Aceh Nur Asmah, SE, Kabag Humas Aceh Tamiang Agusliayana Devita, S.STP, M.Si, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang Ahmad Yani, S. STP, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang Indah Ilyani, S. PSI. (pd/rel)


Editor :
Pondek

Komentar Anda