Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Wali Kota Minta Warga Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lansia

Wali Kota Minta Warga Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lansia

Minggu, 16 September 2018 20:23 WIB


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta masyarakat untuk semakin meningkatkan kepedulian terhadap orang lanjut usia (Lansia). “Kini waktunya kita kalangan yang muda memberikan perhatian khusus bagi warga lanjut usia.”

Begitu ungkap Wali Kota Aminullah pada acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yang digelar di area Banda Aceh Car Free Day, Minggu (16/9/2018). Bekerjasama dengan Pemerintah Aceh, peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tahun ini mengangkat tema “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia”.

Menurut Aminullah, Lansia merupakan kelompok penduduk yang berusia 60 tahun ke atas, atau 65 tahun ke atas jika merujuk pada ketentuan yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO). “Dan berdasarkan amanah undang-undang, pemerintah bersama masyarakat dan keluarga bertanggungjawab atas upaya terwujudnya peningkatan kesejahteraan Lansia,” katanya.

“Sejatinya banyak pengorbanan orangtua sehingga kita bisa seperti ini sekarang. Dan sudah sepantasnya sekarang kita semua memberikan perhatian kepada mereka yang telah Lansia. Ke depan kita akan menjadi tua sehingga juga membutuhkan perhatian dari kalangan muda,” pesan Aminullah.

Tak ketinggalan, Aminullah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah menggelar peringatan Hari Lansia ini sebagai bentuk perhatian kepada orang-orang lanjut usia yang ada di Aceh khususnya di Banda Aceh. “Tugas kita bersama untuk memastikan kesejahteraan para Lansia sehingga mereka tetap sehat dan mandiri.”

“Kami juga mengajak kepada bapak dan ibu yang telah lanjut usia untuk terus semangat walaupun umurnya sudah di atas 60 atau 65 tahun. Saya mengharapkan kepada seluruh lanjut usia bisa hadir pada kegiatan car free day setiap minggunya. Di sini kita bisa berolahraga bersama, senam jantung sehat, dan beragam aktifitas lainnya supaya hidup kita senantiasa sehat dan ceria,” katanya.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang juga hadir di lokasi mengatakan sesuai dengan tema yang diusung yakni “Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia”, diharapkan semua pihak dapat meningkatkan layanan bagi para Lansia agar mereka hidup bahagia dan dapat melaksakan ibadah dengan berkualitas.

“Bersamaan dengan momentum peringatan Hari Lansia Nasional ini, kami mengajak semua pihak untuk memberi perhatian lebih kepada Lansia. Mari kita ciptakan lingkungan yang ramah bagi Lansia. Jangan abaikan peran serta pandangan Lansia dalam setiap pengambilan kebijakan atau keputusan di daerah ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Plt Gubernur Nova bersama Wali Kota Aminullah turut menyerahkan bingkisan kepada sejumlah Lansia yang hadir. Aminullah juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Dinas Sosial Aceh dan Dinas Kesehatan Aceh yang telah menjadi sponsor Banda Aceh Car Free Day minggu ini. (Jun)

Editor :
Redaksi

IKLAN SYAMSUL RIZAL ACADEMIC LEADER 2018
Komentar Anda