Beranda / Berita / IKAL Aceh Ajak Generasi Muda Aceh Tingkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan

IKAL Aceh Ajak Generasi Muda Aceh Tingkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan

Jum`at, 02 Juni 2023 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Naufal Habibi

Yusri Kasim Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Aceh


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Sekretaris Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Aceh, Yusri Kasim, mengajak generasi muda Aceh untuk terus meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan di tengah situasi global yang terus berubah dengan cepat.

Menurut Yusri Kasim pentingnya pemahaman yang mendalam tentang Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi yang mengikat bangsa Indonesia. Ia menyadari bahwa generasi muda Aceh memiliki peran krusial dalam membangun masa depan bangsa, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

"Sebagai generasi muda tentunya penting meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan di tengah situasi global yang berubah begitu cepat," kata Yusri kepada Dialeksis.com, Jumat (2/6/2023).

Yusri mengatakan wawasan kebangsaan yang tertera dalam pancasila, telah diakui oleh dunia sebagai nilai-nilai kebangsaan yang paling lengkap.

Dalam hal ini, dirinya berharap menjelang pesta demokrasi yang akan datang generasi muda diharapkan mampu menjadi perekat dalam demokrasi.

"Di dalam pancasila sendiri tidak hanya mencakup penggalian intisari dari kearifan lokal di bumi saja, melainkan juga hasil pemikiran sosial, ekonomi, dan politik dunia," ujarnya. 

Yusri menambahkan bahwa salah satu cara masyarakat Aceh dalam memaknai peringatan hari kesaktian pancasila dapat berupa menjaga komitmen damai, menjaga stabilitas politik, dan turut membantu pemerintah dengan cara mendukung program menurunkan angka kemiskinan dan stunting.

"Komitmen masyarakat sangat diperlukan agar nilai-nilai pancasila dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda