Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Arab Saudi Berencana Bangun Kilang Minyak di Pakistan

Arab Saudi Berencana Bangun Kilang Minyak di Pakistan

Minggu, 13 Januari 2019 19:00 WIB

Pemandangan Pelabuhan Gwadar di Pakistan, 4 Oktober 2017. (Foto: Reuters)

DIALEKSIS.COM | Pakistan - Arab Saudi berencana membangun kilang minyak di Gwadar, pelabuhan laut dalam di Pakistan, kata Menteri Energi Arab Saudi, Sabtu (12/1), di pelabuhan di Samudra India yang sedang dibangun dengan bantuan China. 

Kilang itu diperkirakan akan memakan investasi senilai $10 miliar atau IDR 140,79 triliun. 

Pakistan ingin menarik investasi dan berbagai bantuan keuangan untuk mengatasi melambungnya defisit transaksi berjalan, yang sebagian disebabkan oleh kenaikan harga minyak. Tahun lalu, Arab Saudi menawarkan paket bantuan $6 miliar, yang termasuk bantuan untuk membiayai impor minyak mentah. 

"Arab Saudi ingin membuat pembangunan ekonomi Pakistan stabil dengan mendirikan kilang minyak dan kemitraan dengan Pakistan dalam Koridor Ekonomi Pakistan China," kata Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih kepada para wartawan di Gwadar. ​ 

Kata al-Falih, Putra Mahkota Mohammad bin Salman akan mengunjungi Pakistan pada Februari untuk menandatangani perjanjian. Al-Falih menambahkan Arab Saudi akan menanamkan investasi di sektor lain juga. 

Beijing sudah menjanjikan bantuan $60 miliar sebagai bagian Koridor Ekonomi Pakistan China (CPEC) yang termasuk pembangunan pembangkit listrik, jalan raya, pembangunan jalur kereta baru serta perbaikan jalur kereta, dan meningkatkan kapasitas pelabuhan. 

Bantuan itu untuk mengembangkan Pakistan menjadi jalur darat yang menghubungkan wilayah barat China dengan dunia. 

"Dengan pembangunan kilang minyak di Gwadar, Arab Saudi akan menjadi mitra penting dalam CPEC," kata Menteri Perminyakan Pakistan Ghulam Sarwar Khan. (ft/Voa Indonesia)

Editor :
Indri

pelantikan pengurus PSC (TNI)
Komentar Anda