Beranda / Berita / Kematian dan Kemunculan Harimau Sumatera di Hutan Aceh, Simak Datanya!

Kematian dan Kemunculan Harimau Sumatera di Hutan Aceh, Simak Datanya!

Minggu, 21 April 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia

Harimau Sumatra. Foto: Sekilas Riau


Artikel ini telah tayang di Murianews.com dengan judul "Harimau Sumatra Species Langka di Dunia", Klik untuk baca: http://edukasi.murianews.com/budi-santoso/394676/harimau-sumatra-species-langka-di-dunia .


DIALEKSIS.COM | Aceh - Kemunculan Harimau Sumatera (Panthera Tigris) di Mata Ei, Kabupaten Aceh Besar baru-baru ini telah menjadi viral, memicu kekhawatiran akan keberadaannya. Tim dari Dialeksis.com melakukan penelusuran mendalam terhadap kehidupan hewan ganas karnivora ini di hutan Aceh.

Menurut data yang diperoleh oleh tim dari Forum Jurnalis Lingkungan dan Yayasan Hutan Alam Lingkungan, keberadaan dan kondisi Harimau Sumatera sangat memprihatinkan. Sejak tahun 2019 hingga 2022, telah tercatat sebanyak 19 kasus kematian Harimau Sumatera, yang sebagian besar disebabkan oleh perburuan manusia.

Jejak digital terkini mengungkapkan bahwa pada hari Rabu, 22 Maret 2024, satu ekor Harimau Sumatera ditemukan di kebun milik warga Desa Peunaron Lama, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur.

Meskipun belum ada laporan mengenai kematian Harimau Sumatera akibat perburuan manusia pada tahun 2024, namun hanya adanya kemunculan di Mata Ei, Kabupaten Aceh Besar. 

Namun demikian, pada bulan Februari 2024, satu ekor Harimau Sumatera terperangkap di Gampong Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Perangkap tersebut dipasang dengan tujuan untuk mencegah gangguan dan interaksi negatif dengan satwa dilindungi tersebut.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda