Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Babinsa Desa Data Makmur Bantu Masyarakat Mengolah Kolang Kaling

Babinsa Desa Data Makmur Bantu Masyarakat Mengolah Kolang Kaling

Jum`at, 17 Mei 2019 13:00 WIB

Foto: Kodim 0101/BS

DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Serda M. Aiyub yang kesehariannya bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Data Makmur Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar Koramil 21/Blang Bintang ikut membantu masyarakat mengolah kolang kaling untuk dijual ke pasar-pasar, Jum'at (17/05/19).

Babinsa Desa Data Makmur Serda M. Aiyub menuturkan, bahwa dalam pengolahan kolang kaling juga harus benar-benar memperhatikan proses pengolahanannya, karena dapat berpengaruh terhadap harga penjualannya.

"Ada beberapa tahapan dalam mengolah kolang kaling sejak dari pohonnya diantaranya yaitu tahap pemilihan buah aren yang setengah masak, pembakaran, perebusan, pengupasan, dipukul agar pipih dan terakhir tahap perendaman," jelas Serda M. Aiyub.

Dirinya juga menambahkan, khususnya di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, pemesan kolang kaling cukup banyak, sehingga membuat warga di sini sibuk untuk memenuhi pesanan tersebut.

"Bahkan, anak-anak juga dilibatkan untuk membantu orangtua mereka memproduksi kolang kaling itu, mulai mengupas hingga memisah buah dari dahannya," ujarnya.

Komandan Koramil 21/Blang Bintang Kapten Arh Hamka Siregar mengatakan, bahwa sudah semestinya sebagai seorang Babinsa tidak bisa jauh dengan masyarakat binaannya, karena Ia harus membina komunikasi, berkerjasama dan saling membantu masyarakatnya.

"Seperti dilakukan oleh Serda M. Aiyub ini, dimana disela-sela kegiatan monitoring wilayah, Ia juga kerap membantu masyarakat binaannya," kata Danramil. (hk)


Editor :
Indri

Komentar Anda