Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Banda Aceh Perkuat Kerja Sama Kesehatan dengan KPJ Penang Hospital

Banda Aceh Perkuat Kerja Sama Kesehatan dengan KPJ Penang Hospital

Kamis, 16 Januari 2020 18:02 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Website Banda Aceh.


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Setelah mengikuti acara “3rd Green Cities Forum” di Penang, Malaysia, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama delegasi diundang oleh manajemen KPJ Penang Hospital untuk bersilaturahmi dan berdiskusi tentang rencana tindaklanjut kerja sama antara kedua belah pihak.

Dalam pertemuan di salah satu restoran di Penang, Selasa (14/1/2020), pihak KPJ Penang dan Pemko Banda Aceh membahas agenda kerja sama di bidang kesehatan secara lebih konkret. Pembahasan itu juga merupakan tindak lanjut dari MoU kerja sama antara kedua belh pihak beberapa waktu yang lalu.

Turut hadiri dalam pertemuan tersebut, En. Zabidi Hj Abdul Razak selaku CEO KPJ Penang Hospital, Iqbal Fauzi, Koordinator Pasien Internasional, dan Muhammad Sayuti, Kepala Kantor Perwakilan KPJ Penang Aceh. Sementara Wali Kota Aminullah turut didampingi oleh istri Nurmiaty AR, Kepala DLHK3 Hamdani Basyah, dan Kabag Administrasi Perekonomian Setdako Banda Aceh M Ridha.

Dari sana, wali kota juga diundang oleh KPJ Penang Hospital untuk meninjau fasilitas kesehatan mereka khususnya pengobatan penyakit kanker dan jantung. Usai pertemuan, Aminullah mengatakan KPJ Penang Hospital adalah salah satu rumah sakit terbesar di Penang dan berstandar dunia, serta merupakan satu-satunya rumah sakit yang bersertifikat halal dan bernuansa islami di Penang.

“Hal ini sangat sesuai dengan misi pemerintahan kita untuk menjadikan pelayanan kesehatan yang syar’i. Maka kita mengambil gebrakan dengan bekerjasama dengan KPj Penang Hospital agar mampu mengikuti bahkan menyamai standar rumah sakit di Penang yang sudah diakui dunia,” ujarnya.

Beberapa program kerja sama yang diusulkan dalam waktu dekat adalah pengiriman tenaga ahli perancangan pembangunan rumah sakit. “Ini untuk mengevaluasi RSUD Meuraxa dalam hal pembangunan jangka panjang. Kita ingin agar RSUD Meuraxa menjadi pilot project bagi kabupaten/kota lainnya dalam membangun rumah sakit bertaraf internasional di Provinsi Aceh.”

Adapun program lainnya mencakup bidang exchange knowledge. Pihak KPJ Penang Hospital akan mengirim dokter-dokter spesialis terkenal untuk berbagi info update terbaru dan fenomena-fenomena terbaru di dunia kesehatan. “Kita jadwalkan akan ada program bincang kesehatan (health talk) nantinya di salah satu masjid di Banda Aceh,” ungkap Aminullah.

Ia menambahkan, akan banyak lagi program implementasi dari MoU kedua belah pihak. Tujuan utama kerja sama ini adalah membuat pelayanan maupun fasilitas bidang kesehatan di Banda Aceh jauh lebih baik. “Sehingga nanti masyarakat tidak perlu jauh-jauh berobat ke Penang hanya untuk mendapatkan pelayanan lebih baik, tetapi masyarakat dapat menikmati pelayanan rumah sakit di Banda Aceh selayaknya di Penang,” katanya. (Humas Banda Aceh)



Editor :
Im Dalisah

riset-JSI
Komentar Anda