Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / HUT Bhayangkara Ke-74, Saifuddin Bantasyam: Polisi Tetap Harus Responsif

HUT Bhayangkara Ke-74, Saifuddin Bantasyam: Polisi Tetap Harus Responsif

Rabu, 01 Juli 2020 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Mulyana Syahriyal

Dosen Hukum Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Saifuddin Bantasyam SH, MA. [Foto: Ist.]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Hari Bhayangkara Ke 74 pada Rabu (1/7/2020) diperingati dengan cara yang sederhana, baik di Jakarta maupun beberapa daerah lainnya. Hal itu disebabkan karena Indonesia sedang dalam pandemi Virus Corona (Covid-19).

Begitu juga dengan Banda Aceh, tidak ada peringatan HUT Bhayangkara secara meriah. Namun, halaman Polda Aceh dipenuhi seratusan papan bunga ucapan selamat terhadap korp berbaju coklat tersebut. 

Dosen Hukum Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Saifuddin Bantasyam SH, MA mengatakan, meski merayakan dengan cara sederhana ia berharap kepolisian tetap selalu Responsif terhadap masyarakat.

Saifuddin Bantasyam menilai, komitmen Polda Aceh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sangat profesional, menurutnya, dilihat dari keamanan dan ketertiban masyarakat sejak awal tahun hingga dengan saat ini masih kondusif. 

"Sepanjang yang saya ikuti berita di media termasuk media sosial, tidak ada hal yang menimbulkan kekecewaan masyarakat kepada Polda Aceh," kata Saifuddin saat diwawncarai Dialeksis.com, di Banda Aceh, Rabu (1/7/2020).

Menurut Dosen Fakultas Hukum Unsyiah, dalam merespon pandemi Covid-19 kepolisian di Aceh mampu menunjukkan komitmen yang tinggi. Selain melakukan pengamanan dalam penanganan pasien Covid-19 juga melakukan pemakaman jenazah yang terpapar Covid-19.

"Mereka sangat peduli terhadap keadaan di dalam masyarakat. Selalu ikut dalam rapat-rapat koordinasi, menunjukkan keteladanan dalam menjaga protokol kesehatan," terang Saifuddin. 

Selain itu, Saifuddin berharap, institusi kepolisian untuk selalu dapat mengedepankan pendekatan-pendekatan yang humanis, dan hal ini pernah disampaikan oleh Kapolda beberapa waktu lalu.

"Tetapi tentu saja, pendekatan ini akan menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan," tutur Saifuddin menutup keterangannya. (MS)

Editor :
Indri

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda