Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / Wali Kota Banda Aceh Buka Pasar Murah dan Bazaar UMKM

Wali Kota Banda Aceh Buka Pasar Murah dan Bazaar UMKM

Selasa, 26 November 2019 17:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Wali Kota Banda Aceh memberikan bahan pokok kepada masyarakat dalam kegiatan pasar murah dan bazaar UMKM, Selasa (26/11/2019) di depan Taman Makam Pahlawan. [Foto: Pemko Banda Aceh]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindag Aceh dan Bulog menggelar pasar murah dan bazaar UMKM. 

Kegiatan ini dibuka langsung Wali Kota Banda Aceh, Selasa (26/11/2019) di depan Taman Makam Pahlawan, Kampung Ateuk Kecamatan Baiturrahman.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M Nurdin dan Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Aceh, Abdussalam.

Pasar murah dan bazaar UMKM mengundang antusias warga kota. Tampak ratusan warga mengantri berbelanja kebutuhan pokok di pasar murah ini.

Pasar murah ini digelar di empat lokasi, selain di depan Taman Makam Pahlawan, juga digelar di halaman Masjid Baitussalihin Ulee Kareng, halaman Kantor Camat Bandaraya dan halaman Rusunawa Keudah.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan pasar murah ini digelar sebagai bentuk kepedulian pemerintah memberi kemudahan bagi warga kota mendapatkan bahan pokok dengan harga lebih murah dalam menghadapi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kita gelar bertepatan dengan bulan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dimana harga barang pokok cenderung naik. Dengan pasar murah ini masyarakat bisa mendapatkan barang pokok dengan harga murah karena telah disubsidi," kata Wali Kota.

Membantu menstabilkan harga pangan dan pengendalian inflasi juga menjadi salah-satu tujuan dari pasar murah ini digelar.

Ada beberapa jenis barang pokok yang dijual di pasar murah, seperti beras, gula pasir, telur, tepung terigu dan minyak goreng. 

Selain itu, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh juga menyediakan space untuk aneka produk UMKM, seperti kuliner masakan dan Kue tradisional Aceh dan aneka minuman dan juice serta produk UMKM lainnya.

Sejumlah barang pokok dapat dibeli oleh warga dengan harga yang lebih murah dari harga di pasar. Seperti beras 10 kg dijual dengan harga Rp 85 ribu, Bimoli Spesial 2 liter Rp 21 ribu, tepung 1 Kg dijual Rp 7.500, gula 1 kg hanya Rp 9.500 dan telur satu papan hanya seharga Rp 34 ribu.

Berikut jadwal dan jenis barang pokok yang dijual di pasar murah:

Selasa (26/11/2019), lokasi di depan Taman Makam Pahlawan, Kampung Ateuk Pahlawan

Rabu (27/11/2019), lokasi halaman Masjid Baitussalihin Ulee Kareng

Kamis (28/11/2019), lokasi di halaman Kantor Camat Bandaraya

Jumat (29/11/2019), lokasi di halaman Rusunawa Kecamatan Kuta Raja

Sementara jenis bahan pokok dan nilai subsidi, yaitu Beras disubsidi Rp.3000/kg, Gula Pasir disubsidi Rp.3000/kg, Tepung Terigu disubsisi Rp.3000/kg, dan Telur Ayam disubsidi Rp.250/butir. (hba/rls)


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda