Beranda / Berita / Akidi Tio, Dermawan yang Rendah Hati

Akidi Tio, Dermawan yang Rendah Hati

Minggu, 01 Agustus 2021 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta -Sosok pengusaha almarhum Akidi Tio masih mengundang rasa penasaran setelah keluarganya menyerahkan dana hibah senilai Rp 2 triliun untuk membantu penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan. Apalagi tak banyak yang mengenal pengusaha yang lahir di Langsa, Aceh Timur tersebut. Bahkan pengusaha Peter F Gontha juga menuliskan rasa penasarannya di akun Facebook pribadinya.

"Pengusaha apa yah Akidi Tio, kok tidak pernah melihat namanya di deretan 50 pembayar pajak terbesar di Indonesia?" tulis Peter Gontha yang dikutip Beritasatu.com, Kamis (29/7/2021).

Peter juga memuji apa yang dilakukan keluarga Akidi Tio karena dinilainya sesuatu yang unik dan hanya terjadi di Indonesia. Bahkan orang-orang terkaya di dunia seperti Jeff Gates, Elon Musk, Bill Gates hingga Warren Buffet juga belum pernah melakukan hal tersebut kecuali disumbangkan melalui yayasan untuk kepentingan pajak. Ia pun mendoakan agar keluarga almarhum Akidi Tio diberikan berkah oleh Tuhan.

“Berarti pengusaha ini memang luar biasa rendah hatinya. Low profile high profit. Dan yang seperti itu banyak sekali di lingkungan masyarakat Tionghoa,” tulis Dahlan Iskan dalam blog pribadinya.

Akidi Tio telah meninggal tahun 2009 lalu akibat serangan jantung dan dimakamkan di Palembang. Saat itu almarhum berusia 89 tahun. Istri Tio sudah meninggal lebih dulu di tahun 2005 di Palembang dalam usia 82 tahun. Mereka punya tujuh orang anak. Hanya seorang, putri, yang masih tinggal di Palembang, sedangkan yang lain tinggal di Jakarta. Tio kabarnya pernah memiliki pabrik kecap, pabrik mebel, kebun sawit, dan juga kontraktor bangunan.

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda