Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Dunia / Kepala IMF Beri Warning Jelang Pertemuan G20

Kepala IMF Beri Warning Jelang Pertemuan G20

Kamis, 29 November 2018 15:55 WIB

Font: Ukuran: - +
Kepala IMF, Christine Lagarde

DIALEKSIS.COM | Argentina - Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde telah memperingatkan para pemimpin dunia bahwa meningkatkan ketegangan perdagangan, termasuk tarif mobil dan Brexit, dapat merugikan ekonomi global. 

Dalam laporan untuk pertemuan para pemimpin G20 di Buenos Aires, IMF mengatakan tarif mobil, jika dikenakan, dapat memotong 0,75 persen dari ekonomi global.

Presiden AS Donald Trump telah mengancam akan memberlakukan tarif pada otomotif sebagai bagian dari strategi perdagangan agresifnya yang fokus pada industri dalam negerinya.

Kebijakan itu di balas oleh China dengan melakukan hal yang sama atas produk AS

Ekonomi pasar negara berkembang, terutama Cina dan kawasan euro, sudah melihat ekonomi mereka melambat, sementara "tidak ada kesepakatan Brexit dapat semakin merusak kepercayaan", kata Lagarde dalam posting blog yang menyertai laporan tersebut.

Lagarde memperingatkan pertemuan G20 mendatang bahwa "ekonomi global menghadapi titik kritis".

"Kami telah memiliki pertumbuhan yang baik dari standar historis, tetapi sekarang kami menghadapi periode di mana risiko signifikan terwujud dan awan gelap membayang," katanya.

"Hambatan perdagangan yang meningkat pada akhirnya merugikan diri sendiri untuk semua yang terlibat. Jadi, penting bahwa semua negara menghindari hambatan perdagangan baru, sementara membalikkan tarif baru-baru ini," tegasnya.

Editor :
Jaka Rasyid

Komentar Anda