Beranda / Ekonomi / BSI Berikan Zakat dan Santunan Anak Yatim sebagai Merayakan Kesuksesan Tahun 2024

BSI Berikan Zakat dan Santunan Anak Yatim sebagai Merayakan Kesuksesan Tahun 2024

Selasa, 19 Maret 2024 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Konferensi Pers "Level Up Ramadhan bersama BSI" diselenggarakan oleh Bank Syariah Indonesia. Foto: dok BSI


DIALEKSIS.COM | Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengawali tahun 2024 dengan pencapaian positif yang membanggakan. Perusahaan tersebut dengan gembira menyerahkan sumbangan zakat perusahaan senilai Rp222,7 miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara selama bulan Ramadan ini.

Menurut Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk bersyukur atas capaian positif yang telah diraih. BSI berhasil memperoleh pencapaian gemilang dengan masuk dalam Top 10 Bank Syariah Global berdasarkan kapitalisasi pasar. Kinerja ini tercermin dari peningkatan signifikan harga saham BSI (kode saham: BRIS), yang mendorong kapitalisasi pasar perusahaan mencapai Rp131,47 triliun.

Keberhasilan ini melebihi target untuk masuk dalam jajaran Top 10 Bank Syariah Global berdasarkan kapitalisasi pasar pada tahun 2025.

Selain sumbangan zakat, BSI juga akan memberikan santunan kepada 3.333 Anak Yatim di berbagai wilayah Indonesia selama Ramadan ini. Angka ini melambangkan perayaan usia ketiga BSI pada bulan Februari yang lalu.

Hery Gunardi berharap bahwa santunan tersebut akan membawa kebahagiaan kepada anak-anak yatim selama bulan Ramadan. Ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BSI selama Ramadan 1445 H dengan tema "Level Up Ramadan bersama BSI".

Penyerahan santunan kepada anak yatim akan dilakukan pada tanggal 19 Maret 2024 di Assembly Hall Jakarta Confension Center, Jakarta, di mana 1.500 anak yatim akan diundang. Sedangkan 1.833 anak yatim lainnya akan diundang oleh Kantor Regional BSI di seluruh Indonesia.

Hery berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi seluruh umat, sesuai dengan semangat BSI untuk menjadi Sahabat Finansial, Sosial, dan Spiritual.

Kinerja Positif Membawa BSI ke Puncak

Sepanjang tahun 2023, BSI mencatat kinerja positif dengan laba bersih sebesar Rp5,7 triliun, yang tumbuh sebesar 33,88 persen secara tahunan (yoy).

Dalam waktu tiga tahun, BSI telah menjadi pemimpin pasar dalam industri keuangan syariah di Indonesia, baik dari segi jaringan, basis pelanggan, maupun modal.

Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat dan kinerja impresif BSI, jumlah zakat yang dibayarkan perusahaan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021, zakat perusahaan yang disalurkan oleh BSI mencapai Rp123,2 miliar, meningkat menjadi Rp173,1 miliar pada tahun 2022, dan Rp222,7 miliar pada tahun 2023.

Dari jumlah zakat yang disalurkan pada tahun 2023, Rp189,7 miliar berasal dari laba perusahaan dan Rp33 miliar berasal dari pegawai. Dengan jumlah tersebut, BSI kembali menjadi perusahaan dengan volume zakat terbesar di Indonesia.

Rangkaian Ramadan BSI: Menebarkan Kebaikan

Grandhis Helmi Harumansyah, Direktur Manajemen Risiko dan Ketua Kegiatan Ramadan BSI, menyatakan bahwa pada Ramadan 1445 H, BSI telah mengadakan Roadshow Gema Ramadan di beberapa masjid di Indonesia.

Beberapa masjid yang menjadi lokasi roadshow termasuk Masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat, Masjid Darussalam Cibubur, Masjid Al Jabbar Bandung, Masjid Al Falah Surabaya, dan masjid lainnya di Jawa Tengah.

Selain itu, BSI juga menyelenggarakan kegiatan Tarhib Ramadan di lima masjid di Banda Aceh, Medan, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin.

Selama Gema Ramadan berlangsung, masyarakat dapat menikmati layanan produk BSI dan mengikuti berbagai lomba serta bazaar UMKM dengan penawaran istimewa menggunakan QRIS BSI. Ada juga kegiatan hiburan, berbagi takjil, tausiyah, talkshow, dan tebus sembako murah.

BSI bersama BSI Maslahat juga mengadakan beberapa program layanan Ziswaf dengan tema "Level Up Ramadan 1445 H", termasuk penyaluran zakat mal dan zakat fitrah, infaq dalam bentuk layanan fidyah, berbagi buka puasa dan sahur, berbagi sembako untuk dhuafa, kado spesial untuk yatim dhuafa, sedekah Qur'an untuk orang tua, dan Ramadan Peduli Palestina.

Selain itu, ada juga program wakaf produktif untuk memperkuat perekonomian berbasis pengembangan bisnis UMKM dan klinik kesehatan.

Menjelang Idulfitri, BSI juga berencana untuk mengadakan "Mudik Asyik bersama BUMN" bagi penyandang disabilitas dan pegawai dasar pada akhir Ramadhan dengan bus yang bekerja sama dengan DAMRI, sebagai bagian dari sinergi bersama BUMN.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda