Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Gaya Hidup / Khasiat Baik Biji Labu Bagi Kesehatan Pria

Khasiat Baik Biji Labu Bagi Kesehatan Pria

Sabtu, 11 Agustus 2018 22:04 WIB

Ilustrasi. (Shutterstock)

Dialeksis.com - Sebagian besar pria memilih pergi ke gym sebagai pilihan utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, cara lain dengan mengonsumsi makanan alami dan menyehatkan juga merupakan pilihan yang sangat baik.

Salah satu makanan alami yang baik untuk kesehatan pria adalah biji labu, yang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan pria.

Biji labu biasanya berwarna hijau gelap dan berbentuk oval serta tersedia sepanjang tahun.

Seperti dilansir dari Boldsky, Sabtu (11/8/2018), nilai gizi pada biji labu berupa seng, magnesium, mangan, tembaga, besi, selenium, kalsium, dan fosfor. Mereka adalah sumber protein, asam lemak omega-3, vitamin B, beta-karoten, dan vitamin A.

Satu porsi 28 gram biji labu bebas cangkang mengandung 151 kalori yang berasal dari lemak dan protein. Ini memiliki sekitar 1,7 gram serat dan 5 gram karbohidrat.

Dari nilai gizi tersebut, biji labu memberikan tiga manfaat bagi kesehatan pria. Pertama, meningkatkan kesuburan pria. Biji labu yang memiliki kandungan seng dapat meningkatkan kualitas sperma keseluruhan dan kesuburan pria.

Ini memainkan peran utama dalam menjaga kadar testosterone yang sehat. Nilai gizi pada biji labu secara keseluruhan merupakan nutrisi kunci yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan seksual pria.

Kedua, meningkatkan kesehatan prostat. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Indian Journal of Urology mengungkapkan bahwa asupan biji labu dapat mempengaruhi kesehatan prostat.

Makan biji labu lebih memperkuat kelenjar prostat dan meningkatkan fungsi hormon yang sehat pada pria.

Mengonsumsi biji labu dapat membantu mengatasi Benign Prostatic Hyperplasia (BPH), suatu kondisi yang menyebabkan masalah buang air kecil karena kelenjar prostat membesar. Jadi, konsumsilah secara teratur untuk mengurangi gejala yang berkaitan dengan BPH.

Ketiga, meningkatkan kesehatan otot. Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki otot dan banyak ditemukan dalam biji labu.

Satu porsi 100 gram biji labu memiliki 23,33 gram protein, menurut bagan nutrisi Departemen Pertanian AS.

Manfaat lainnya, kandungan seng pada biji labu mendorong pertumbuhan sel-sel baru dan memperbaikinya. Ini juga membantu dalam melahirkan rambut yang sehat dan berkilau.

Adapun kandungan fosfor memulihkan metabolisme dan menyediakan energi bagi tubuh. Biji labu juga dikenal memiliki sifat anti peradangan dan membantu mencegah gangguan pencernaan.

Untuk memakannya, Anda dapat mencampurkan biji labu dengan sereal, granola, sup, smoothies, ataupun dijadikan sebagai taburan salad. 

Namun, perlu diketahui, biji labu ini tinggi serat. Jadi, memakannya dalam jumlah besar akan menyebabkan gas dan kembung, terutama jika memakannya dengan banyak sekaligus. (Bisnis)

Editor :
Sammy

Komentar Anda