Beranda / Berita / Aceh / 453 Mahasiswa Poltekkes Aceh KKL di Bener Meriah, Begini Respon Pj Bupati

453 Mahasiswa Poltekkes Aceh KKL di Bener Meriah, Begini Respon Pj Bupati

Rabu, 01 Maret 2023 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Zulkarnaini

Penyerahan Mahasiswa KKL Terpadu dari Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh, T. Iskandar Faisal, S.Kp., M.Kes., kepada Bupati Bener Meriah yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sayotiman, SE, MM.


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Ratusan mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Aceh akan mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada Tahun Akademik 2022/2023. 

Sebanyak 453 mahasiswa dari 7 jurusan yang berbeda akan menjalankan KKL di Kabupaten Bener Meriah.

Para mahasiswa ini akan ditempatkan di 44 desa yang tersebar di Kecamatan Timang Gajah, Wih Pesam, Bukit, dan Bandar. Selama KKL, mereka akan memperoleh pengalaman lapangan yang berharga dan meningkatkan kemampuan praktis di bidang kesehatan.

Pj. Bupati Aceh Tengah, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, M. Thamrin Elashri Mohd. Ali menyambut baik atas kedatangan mahasiswa KKL ini. 

Thamrin mengajak para mahasiswa untuk memperhatikan kesehatan, disiplin, kebersamaan, dan menjaga nama baik almamater mereka selama menjalankan KKL di wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Thamrin juga berharap bahwa kegiatan KKL ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat dan membantu memperkuat hubungan antara Poltekkes Aceh dan pemerintah daerah. 

Selain itu, ia berharap bahwa para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah ke kegiatan di masyarakat.

Kehadiran para mahasiswa KKL diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bener Meriah dan memberikan kontribusi positif untuk pembangunan daerah. 

"Saat ini Aceh Tengah juga sedang menggalakkan progran stunting, yang menjadi salah satu isu kesehatan nasional", kata M. Thamrin.

Mahasiswa yang mengikuti KKL terpadu ini berasal dari 7 jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Aceh. Jurusan-jurusan tersebut meliputi Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Farmasi, dan Teknik Laboratorium Medis.

Para mahasiswa dari masing-masing jurusan ini akan menjalankan tugas-tugas KKL di wilayah itu dengan berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda, diharapkan mereka dapat saling belajar dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat.

"Mahasiswa nanti akan menyusun program dengan pendekatan Inter Professional Education “ Collaboration Practice dimana nantinya dalam menyusun program prioritas tersebut, mahasiswa nanti akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas, dan perangkat desa,” kata Dr. Sumihardi, SKM, M.Kes, Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Aceh, sekaligus sebagai Ketua Panitia Pelaksanaan KKL Terpadu Poltekkes Kemenkes Aceh.

Sementara itu Direktur Poltekkes Kemenkes, T. Iskandar Faisal, S.Kp., M.Kes menjelaskan bahwa saat ini posisi Poltekkes sebagai delegator dari Kementerian Kesehatan. Setiap Provinsi memiliki Poltekkes yang diharapkan menjadi wakil dari Kementerian Kesehatan dalam pelaksaan program transformasi kesehatan.

"Bapak Menteri Kesehatan berharap keberadaan Poltekkes bermanfaat secara langsung ke masyarakat. Melalui program Transformasi Kesehatan yang di dalamnya ada salah satu pilar Transformasi Layanan Primer, Poltekkes bisa ambil bagian untuk melaksanakan berbagai kegiatan secara langsung ke masyarakat”.

“Peran Perguruan Tinggi sangat tinggi terhadap pertumbuhan daerah melalui campur tangan generasi muda yang penuh inovasi dan kreatifitas. Semoga mahasiswa yang berada di sini nantinya bisa berkontribusi penuh di lapangan terkait isu-isu strategis seperti pencegahan stunting,” T. Iskandar Faisal.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda