demokrat muslim
Beranda / Berita / Aceh / BMKG Tetapkan Status Siaga di 4 Provinsi, Warga Aceh Wajib Waspada Banjir-Longsor

BMKG Tetapkan Status Siaga di 4 Provinsi, Warga Aceh Wajib Waspada Banjir-Longsor

Sabtu, 10 Desember 2022 14:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Ilustrasi. [Foto: Istimewa]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menetapkan empat Provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat berstatus siaga bencana hidrometeorologi.

Status siaga empat provinsi ini berlaku hingga Minggu (11/12/2022). BMKG karena itu meminta masyarakat di empat Provinsi tersebut mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, angin kencang, hingga tanah longsor. 

Potensi bencana itu muncul akibat bibit siklon tropis 92W. BMKG mendeteksi bibit siklon tropis 92W berada disekitar Filipina yang membentuk daerah konvergensi dari laut Sulu hingga Filipina.

Pusat tekanan rendah terpantau berada di Laut Natuna yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Aceh hingga Kepulauan Riau menginduksi terbentuknya “Low-level-jet” yang memanjang di Laut China Selatan. 

BMKG menyatakan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis tersebut.

Selanjutnya »     Bahkan, BMKG memprediksi hujan dengan in...
Halaman: 1 2
Keyword:


Editor :
Alfatur

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda