Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Diduga Akibat Arus Pendek, Satu Unit Rumah di Aceh Jaya Hangus Terbakar

Diduga Akibat Arus Pendek, Satu Unit Rumah di Aceh Jaya Hangus Terbakar

Selasa, 19 Maret 2019 14:06 WIB


DIALEKSIS.COM | Aceh Jaya -  Kebakaran melanda sebuah rumah berkontruksi kayu di Desa Seumantok, Kecamatan Sampoineit Kabupaten Aceh Jaya pagi tadi (19/3). Kebakaran terjadi pada pukul 09:00 WIB dan diduga diakibatkan oleh arus pendek listrik.

Dilaporkan dari BPBD kabupaten Aceh Jaya bahwa rumah tersebut hangus terbakar dan mengalami rusak berat sehingga untuk sementara korban mengungsi ke rumah tetangga, namun untuk taksiran kerugian akibat kejadian ini belum diketahui karena masih dalam tahap pendataan.

Tim BPBD Kabupaten Aceh Jaya telah mengerahkan 1 (satu) unit armada Damkar pos Lhok Kruet ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman akan tetapi disebabkan lokasi kebakaran tidak terjangkau karena jarak yang sangat jauh dari pos pemadaman maka pemadaman juga dilakukan secara manual dibantu oleh masyarakat setempat.

Kabar terakhir yang diterima Pusdalops BPBA api telah berhasil dipadamkan secara menyeluruh pada pukul 09:40 WIB. Pihak Pusdalops BPBA terus Berkoordinasi BPBD Aceh Jaya dalam hal penanggulangan kebakaran tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), H. T. Ahmad Dadek, SH meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan memeriksa instalasi listrik yang sudah berumur di atas 5 tahun. Pasalnya penyebab kebakaran yang paling sering terjadi adalah akibat korsleting listrik.

“Sebenarnya kebakaran pemukiman hanya dapat diminimalkan dengan meningkatnya kesiapsiagaan masyarakat misalnya dengan memeriksa instalasi listrik yang sudah tua yang menjadi sebab utama kebakaran, “ sambung Dadek. (BPPA)
Editor :
Pondek

dpra
Komentar Anda