Beranda / Berita / Aceh / Gampong Benteng Gelar Pemilu BKM, Keuchik Harap Nama Desanya Menggema Seantero Aceh

Gampong Benteng Gelar Pemilu BKM, Keuchik Harap Nama Desanya Menggema Seantero Aceh

Kamis, 23 September 2021 20:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Akhyar

Warga gampong Benteng, Kota Pidie lakukan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menetapkan koordinator dan anggota Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Kamis (23/9/2021) sore. [Ist]


DIALEKSIS.COM | Pidie - Warga gampong Benteng, Kota Pidie lakukan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menetapkan koordinator dan anggota Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Kamis (23/9/2021) sore.

BKM sendiri merupakan salah satu aset dari Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan.

Dilansir dari laman kotaku.pu.go.id, BKM disebutkan sebagai sebuah wadah untuk berkumpulnya masyarakat berjiwa relawan, bijak, transparan, akuntabel dan amanah dalam mengordinir penanganan kumuh, dan berempati terhadap Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Keuchik Gampong Benteng, Triko Irianes menyambut baik pemilu BKM di desanya ini. Ia mengaku menyimpan mimpi besar untuk membawa nama Gampong Benteng menggema seantero Aceh.

"Saya (keuchik) dan masyarakat desa berharap agar desa kami ini bisa menuju ke desa yang berprestasi dan bermartabat ke depan," ujar Triko Irianes saat dihubungi reporter Dialeksis.com.

Secara terpisah, Asisten Kelembagaan Kolaborasi, Edward Aswan, ST., selaku pendamping program Kotaku di desa Benteng berharap agar BKM mampu menjadi motor penggerak untuk bisa terlibat aktif dalam setiap kegiatan Kotaku wilayah Pidie.

Ia juga berharap agar anggota BKM Gampong Benteng bisa menjadi ujung tombak bagi terwujudnya kegiatan permukiman yang bersih, sehat, dan standar kecukupan warga yang berkelanjutan.

"Supaya nanti mereka juga bisa meningkat statusnya, dari tidak berdaya menjadi berdaya, hingga akhirnya juga bisa mencapai tahap desa yang mandiri," pungkas Edward mengakhiri.

Saat reportase ini dilakukan, Pemilu BKM Gampong Benteng masih berlanjut. Dikabarkan, hadir dalam acara Pemilu dari unsur aparatur desa, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabimkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babisa) Gampong Benteng, tuha 4, tuha 8, Kepala Dusun, warga desa dan beberapa elemen masyarakat lainnya.

Dari pihak pendampingan program Kotaku Pidie selain Asisten Kelembagaan Kolaborasi, Edward Aswan, ST., diketahui hadir juga Fasilitator Sosial I, Teuku Fasal, SHI., dan Fasilitator Sosial II, Teuku Aldi Munazar, SP.

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

gabung 1
Komentar Anda