Beranda / Berita / Aceh / Ini Jadwal Sidang Isbat Penentu Awal Puasa Ramadhan 1444 Hijriah

Ini Jadwal Sidang Isbat Penentu Awal Puasa Ramadhan 1444 Hijriah

Minggu, 19 Maret 2023 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Zulkarnaini

Ilustrasi


DIALESIS.COM | Banda Aceh - Hanya beberapa hari lagi, umat Muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Kementerian Agama Indonesia akan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan awal bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Menurut laman resmi Kementerian Agama, Sidang Isbat akan digelar pada Rabu (22/3/2023), dengan tujuan menentukan kapan tepatnya dimulainya puasa Ramadhan, yaitu apakah pada tanggal 23 atau 24 Maret.

Sementara Muhammadiyah telah menetapkan bahwa awal Ramadhan jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Begitu pula dengan Badan Riset Inovasi Nasional yang memprediksi awal Ramadhan akan dimulai pada tanggal tersebut.

"Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadhan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib dalam keterangan tertulis, Minggu (19/3/2023).

Masyarakat bisa ikut memantau Sidang Isbat ini melalui live streaming dan siaran langsung TVRI. Sidang Isbat dilaksanakan dalam tiga tahap.

Pertama  sesi seminar untuk pemaparan. Sesi ini digelar secara hybrid, yakni daring dan luring. "Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan yang terbatas," jelasnya.

Selanjutnya pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1444 H. "Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum," terangnnya. 

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 124 lokasi di seluruh Indonesia.

Kemudian sesi terakhir adalah konferensi pers. Masyarakat dapat menyaksikan melalui kanal YouTube resmi Kemenag maupun siarang langsung TVRI.

"Sesi terakhir adalah telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media lainnya," pungkas Adib.

Sebagai umat Muslim, semua menantikan Sidang Isbat ini dengan harapan bahwa awal bulan suci Ramadhan dapat ditetapkan dengan jelas dan akurat. Semoga semua dapat dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk dan penuh keberkahan. 

Link Sidang Isbat YouTube Kemenag klik di sini.

 
Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda