dinas pendidikan ramamdhan
Beranda / Berita / Aceh / Ini Skill yang Harus Dimiliki Para Pencari Kerja Hadapi 2021

Ini Skill yang Harus Dimiliki Para Pencari Kerja Hadapi 2021

Kamis, 31 Desember 2020 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Roni
Kepala Seksi PPKK Disnaker Kota Banda Aceh, Mustafa Kamal. [IST]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Persaingan dalam dunia kerja terus terjadi sepanjang waktu. Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19, PHK di mana-mana, perusahaan sebagian tutup. Peluang akan semakin kecil bila para pencari kerja tidak memiliki skill atau keterampilan.

Menanggapi hal itu, Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banda Aceh, Mustafa Kamal menyampaikan skill yang harus dimiliki para pencari kerja, terlebih menghadapi tahun 2021 yang masih dalam kondisi pandemi ini.

"Pertama dan yang paling penting adalah para pencari mempersiapkan diri segala sesuatunya yang berhubungan dengan dunia teknologi atau IT. Walau tidak menguasai, minimal bisa yang dasar-dasar dulu. Karena sekarang semua kehidupan berhubungan dengan IT," jelas Mustafa saat dihubungi Dialeksis.com, Kamis (31/12/2020).

Kedua, lanjutnya, fokus mengasah skill yang menjadi hobi, bakat dan minat masing-masing para pencari kerja itu sendiri.

"Misalnya punya keterampilan di bidang menjahit ya mereka fokus di situ, begitu juga teknik service sepeda motor. Untuk ke depan, para pencari kerja memang harus punya keterampilan masing-masing, supaya punya daya saing di dunia kerja," ungkap Mustafa.

Menurutnya, menyiapkan skill itu dapat dilakukan dengan berbagai cara, terlebih kemudahan teknologi saat ini di mana setiap orang dengan bebas mendapatkan pengetahuan dari internet melalui YouTube dan platform lainnya.

"Mereka bisa mengasah skill secara autodidak dengan belajar dari YouTube atau internet," jelas Musatafa.

Ia juga menjelaskan, para pencari kerja bisa juga mengikuti program pelatihan keterampilan yang dibuat di Dinas Tenaga Kerja Kota Banda.

"Ada beberapa keterampilan yang kita berikan kepada pencari kerja, lebih spesifik dan dikhususkan kepada meraka yang punya kompetensi, misalnya pelatihan montir sepeda motor, menjahit, itu dibuka setiap tahun," jelas Mustafa.

"Terlebih tahun 2021 adalah masa-masa bangkit dari pandemi, untuk bisa survei di dunia kerja, pencari kerja memang harus punya skill atau keterampilan lebih dibandingkan pesaing lain. Punya nilai jual supaya dilirik oleh perusahaan dan tempat kerja," pungkasnya.

Keyword:


Editor :
Sara Masroni

kesbangpol
riset-JSI
esdm ramadhan
Komentar Anda