Beranda / Berita / Aceh / Jubir Wiratmadinata: Meresmikan Jalan Tol, Jokowi ke Aceh juga bertemu Ulama

Jubir Wiratmadinata: Meresmikan Jalan Tol, Jokowi ke Aceh juga bertemu Ulama

Kamis, 13 Desember 2018 14:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Wiratmadinata, Jubir Pemerintah Aceh.

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Presiden RI, Joko Widodo kembali melakukan kunjungan kerja ke Aceh. Kali ini, Jokowi akan melakukan ground breaking jalan Tol Sigli - Banda Aceh. Selain itu, Jokowi juga akan meresmikan fly over Simpang Surabaya dan underpass Beurawe, Mesjid At Taqarrub Trienggadeng, dan KEK Arun - Lhokseumawe.

"Total nilai proyek 10,780 triliun," kata Wiratmadinata, Jubir Pemerintah Aceh kepada media, Kamis (12/12).

Selain melakukan ground breaking dan peresmian sejumlah proyek, Jokowi ke Aceh juga akan menggelar silaturahmi dengan 100-150 ulama dari seluruh Aceh. Usai shalat Jumat, Jokowi juga akan menyerahkan sertifikat tanah waqaf secara simbolis kepada perwakilan masyarakat.

Jokowi yang datang ke Aceh ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo, juga akan melakukan sosialisasi program prioritas dana desa tahun anggaran 2019.

"Bapak Plt Gubernur Aceh akan menyambut kedatangan Bapak Presiden dan Ibu Negara di Bandara SIM bersama Pangdam Iskandar Muda dan Kapolda Aceh," kata Wira.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah juga akan mendampingi Presiden RI dalam dialog dengan ulama Aceh, saat pembagian sertifikat tanah waqaf, dan sosialisasi program dana desa.

"Plt Gubernur Aceh juga ikut memberi sambutan selamat datang  di acara pertemuan terkait sosialisasi dana desa tahun anggaran 2019," kata Wira.

Plt Gubernur Aceh juga akan mendampingi Presiden RI di acara puncak ground breaking dan peresmian sejumlah proyek di Blang Bintang.

"Bapak Plt Gubernur Aceh ikut juga mengantar Bapak Presiden dan Ibu Negara serta rombongan ke Bandara SIM untuk melanjutkan penerbangan menuju Pekan Baru - Riau," kata Wira.

Wiratmadinata juga menyampaikan profil sejumlah proyek yang dilakukan ground breaking dan peresmian oleh Jokowi di Aceh, sebagai berikut:

1. Jalan Tol Banda Aceh - Sigli  74 km terdiri 6 seksi :

a. Baitulssalam - Kuta baro  (5 km)

b. Kuta baro - Blang Bintang (8 km)

c. Blang Bintang - Indrapuri (13 km)

d. Indrapuri - Jantho (16 km)

e. Jantho- Seulimeum (6 km)

f. Seuliemum - Padang Tiji (26 km)

Biaya kontruksi jalan tol sepanjang 74 Km diperkirakan sebesar Rp 9 trilyun, dan ditargetkan siap operasi tahun 2021

2. Peresmian Fly Over (FO) Simpang surabaya 881 m lebar 16.5 m dan underpass Beurawe 202 m lebar 10.4 m dengan anggaran Rp250 miliar (Multi Year Contract).

3. Mesjid At- Taqarrub Trienggadeng, Pidie Jaya (Multi years APBN  2017 - 2018) dengan anggaran Rp30.93 milliar

4. KEK Arun Lhokseumawe.

Luas areal 2662,48 ha, terdiri dari zona kawasan industri, kawasan energi, logistik dan Industri pengolahan. Target investasi 3. 8 Milyar dollars Amerika (selama 10 tahun mulai tahun 2019) dan  target 40 .000 orang tenaga kerja mulai tahun 2019 sampai tahun 2027.

"Dengan sudah dilakukan ground breaking dan peresmian sejumlah proyek itu kita yakin akan berdampak bagus bagi ekonomi Aceh ke depan," sebut Wiratmadinata. (ah)

Keyword:


Editor :
Indri

gabung 1
Komentar Anda