BPKA
Beranda / Berita / Aceh / Kembangkan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang, BPKS Ajak MNC Group Bersinergi

Kembangkan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang, BPKS Ajak MNC Group Bersinergi

Jum`at, 05 Maret 2021 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

[Dok. MNC Group]

DIALEKSIS.COM | Sabang - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) hingga saat ini terus mengembangkan berbagai sektor untuk mengoptimalkan perannya meningkatkan kesejahterakan masyarakat Aceh. BPKS mengajak MNC Group bersinergi dalam pengembangan kawasan tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala BPKS Sabang Iskandar Zulkarnain dalam pertemuannya dengan Pemimpin Redaksi iNews Network Muhammad Jazuli, Kamis (4/3/2021). Dia mengatakan, Sabang merupakan salah satu daerah di Provinsi Aceh yang memiliki potensi besar dari berbagai sektor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh. 

Namun, hingga saat ini pembukaan kembali Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas ini masih menimbulkan berbagai permasalahan. Pengelolaannya masih menimbulkan berbagai hambatan, khususnya terkait persoalan regulasi.

Akibat tidak adanya sinkronisasi regulasi tersebut, BPKS belum mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Aceh, khususnya Sabang secara optimal. 

"Sementara dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2000 disebutkan, BPKS mempunyai tugas dan wewenang melaksanakan pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan Kawasan Sabang sesuai dengan fungsi-fungsi kawasan Sabang," ujar Iskandar Zulkarnain.

Iskandar mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan sinkronisasi dengan berbagai stakeholder dalam upaya merevisi berbagai regulasi yang telah ada. Harapannya, BPKS mampu mengembangkan kawasan Sabang dan mampu menjadi lokomotif perkembangan ekonomi masyarakat sebagaimana yang diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2000.

"Karena itu, BPKS sangat berharap media, khususnya MNC Group bisa bersinergi dengan BPKS dalam rangka mendorong optimalisasi peran BPKS melakukan pengembangan kawasan tersebut," katanya.

Dia menambahkan, Pemerintah Aceh berkeinginan menyejahterakan rakyat Aceh lewat keberadaan BPKS Sabang. Sabang memiliki potensi termasuk letaknya yang sangat strategis yang sangat mungkin untuk dikembangkan untuk menyejahterakan perekonomian masyarakat Aceh, khususnya Sabang.

Sementara itu Pemimpin Redaksi iNews Network Muhammad Jazuli yang didampingi Kepala Divisi iNews Network Hana Fauzie mewakili MNC Group menyebutkan, salah satu peran dan fungsi media mendorong percepatan pembangunan daerah. MNC Group berharap bisa bersinergi lewat berbagai program, khususnya mengeksplorasi potensi yang ada di kawasan wisata tersebut. 

"Pertemuan kali ini kita mendiskusikan peluang-peluang kerja sama kedua belah pihak. Kami berharap ada program berkelanjutan yang akan digagas demi mempercepat pengembangan kawasan BPKS Sabang," katanya.

Keyword:


Editor :
Sara Masroni

dinas pendidikan idul fitri
riset-JSI
isbi aceh
Komentar Anda