arc
Beranda / Berita / Aceh / Launching KMP Aceh Hebat 2, Inisiasi Kebangkitan Pariwisata Sabang

Launching KMP Aceh Hebat 2, Inisiasi Kebangkitan Pariwisata Sabang

Sabtu, 17 Oktober 2020 01:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Dishub Aceh

DIALEKSIS.COM | Madura - Penantian rakyat Aceh terjawab sudah karena KMP Aceh Hebat 2 yang dibangun pada galangan PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia telah diluncurkan ke air, Jumat (16/10/2020) malam. Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi Ali menyaksikan langsung proses peluncuran kapal.

Nova dalam wawancara langsung di galangan Madura menyampaikan bahwa kapal ini akan membawa manfaat yang besar bagi konektifitas di Aceh, khususnya dalam peningkatan pariwisata Sabang.

"Konsep utama pembangunan KMP. Aceh Hebat 2 ini juga diperuntukkan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Sabang. Tentunya, multiplier effect-nya untuk pertumbuhan ekonomi wilayah Aceh. Jelas, keberhasilan pembangunan kapal ini merupakan kebanggaan bagi kita semua," tambah Nova.

Paska launching, KMP Aceh Hebat 2 juga akan dilakukan sea trial dan uji teknis lainnya agar saat operasional nantinya, kapal dapat beroperasi optimal dan sesuai standar kelayakan.

Sebagai informasi, KMP Aceh Hebat 2 ini menjadi angkutan penyeberangan yang diperuntukkan bagi pengembangan wisata Sabang. Kapal tersebut memiliki daya muat sebanyak 377 penumpang dan 24 unit kendaraan (kombinasi). Kapasitas mesin induk yang digunakan berdaya 2 x 1400 HP dengan kecepetan mesin mencapai 13 knot. Kapal dengan panjang 63,75 meter, lebar 13,6 meter dan tinggi 3,9 meter tersebut mulai dikerjakan pembangunannya pada Tahun 2019.

KMP Aceh hebat 2 yang dibangun ini berkapasitas 1100 GT akan melayani lintasan Ulee Lheue, Banda Aceh - Balohan, Sabang dengan jarak tempuh mencapai 16 mil atau hampir mencapai 30 kilometer. Kapal ini diinisiasikan sebagai penyemangat untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata Sabang yang sempat vakum beberapa waktu ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama, komisaris dan keluarga besar PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia beserta seluruh stakeholder yang telah membantu sekaligus telah memberikan performa begitu bagus dan kinerja terbaik. Sehingga, awal Desember ini, kapal dapat dilakukan serah terima di Banda Aceh," pungkas Nova. (DHA/MS)

Keyword:


Editor :
Indri

walikota
dinas syariat aceh tenggara idul adha
arsip idul adha
Komentar Anda