Beranda / Berita / Aceh / Sekda Aceh Kunjungi Tiga Laboratorium Pastikan Hasil Swab Keluar 1x24 Jam

Sekda Aceh Kunjungi Tiga Laboratorium Pastikan Hasil Swab Keluar 1x24 Jam

Rabu, 16 Juni 2021 22:45 WIB

Font: Ukuran: - +

Sekretaris Daerah Aceh dr. Taqwallah. M.Kes, di dampingi Kadis Kesehatan Aceh, dr. Hanif, saat mengunjungi Laboratorium Pinere di RSUDZA Banda Aceh, Rabu (16/6/2021). [Foto: Humas Aceh]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah M.Kes., mengunjungi tiga laboratorium yang menguji sampel swab, Rabu (16/6/2021). Laboratorium tersebut, yakni UPTD Balai Labkesda Dinas Kesehatan Aceh, Balai Litbang Kesehatan Aceh, dan Laboratorium RSUDZA.

Kedatangan Sekda bersama Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif, bertujuan untuk memastikan hasil pemeriksaan sampel swab PCR keluar dalam tempo waktu 1–24 jam.

“Kita sukses bersama kalau hasil pemeriksaannya keluar sebelum 24 jam. Tolong itu dipastikan. Karena sebenarnya sesudah swab, orang tidak bisa kemana-mana, dan besok dia harus sudah menerima sampelnya,” kata Sekda Aceh di depan petugas di Balai Litbang Kesehatan Aceh.

Dr. Eka Fitria, Penanggungjawab Laboratorium Pemeriksaan Covid-19 Litbangkes, mengatakan pada hari ini, Rabu (16/6/2021), mereka memeriksa 184 sampel.

Sementara di UPTD Balai Labkesda Dinas Kesehatan Aceh, ada 110 sampel PCR yang diuji. Sampel-sampel tersebut, dikirim dari berbagai kabupaten/kota.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengingatkan agar petugas di Labkesda mewanti-wanti pihak rumah sakit di daerah agar mengirim sampel swab PCR masyarakatnya ke Labkesda sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Hal tersebut penting agar hasil swab dapat keluar dalam 1x24 jam, sebagaimana jadwal yang telah kita tentukan. Tiap kabupaten memiliki jadwalnya sendiri kapan harus mengirim sampel swab,” kata Sekda.

Pada kesempatan yang sama, Sekda juga memberikan bingkisan untuk para petugas kesehatan baik yang bertugas di Litbangkes maupun Labkesda. Sekda berharap mereka tetap semangat menjalankan tugasnya. [HA]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda