Beranda / Berita / Aceh / Otto Syamsuddin Ishak: Pernyataan Prof Human Hamid Terlalu Jauh dari Realitas Politik Aceh

Otto Syamsuddin Ishak: Pernyataan Prof Human Hamid Terlalu Jauh dari Realitas Politik Aceh

Jum`at, 29 September 2023 14:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Zulkarnaini

 Sosiolog dari Universitas Syiah Kuala (USK) Otto Syamsuddin Ishak 


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Sosiolog dari Universitas Syiah Kuala (USK) Otto Syamsuddin Ishak menilai pernyataan Prof Human Hamid terkait dengan pergantian Ketua DPRA oleh Partai Aceh.

Menurut Otto, pandangan Prof Human terkesan terlalu jauh dari dinamika politik yang tengah berkembang di Aceh saat ini. Dia menilai bahwa pendapat Prof Human akan terpengaruh arus politik terhadap publik.

“Bagi saya sebuah pertanda yang menunjukkan Prof Humam semakin lebar berjarak dengan dinamika Politik Aceh, khususnya dengan interaksi politik elit PA, sehingga Prof Humam terbawa arus politik pada publik,” kata Otto Syamsuddin Ishak kepada DIALEKSIS.COM, Jumat (29/9/2023).

Selain itu Otto Syamsuddin Ishak menilai Prof Humam tidak mampu membaca dengan baik dinamika politik di dalam Partai Aceh serta hubungannya dengan dinamika di dalam tubuh Pemerintahan Aceh.

Menurut Otto, memahami dinamika internal sebuah partai politik adalah kunci untuk mengerti perubahan politik yang terjadi di tingkat pemerintahan. 

“Prof Human tidak bisa membaca anatomi dinamika politik di dalam PA yang terkait dengan dinamika di dalam tubuh pemerintahan Aceh,” kata Otto Syamsuddin Ishak. 

Dia menekankan bahwa analisis yang mendalam tentang struktur kekuasaan, aliansi politik, dan dinamika internal partai politik sangat penting untuk membaca perubahan-perubahan politik yang terjadi di Aceh. 

“Publik juga salah berprasangka bila pergantian Pon Yaya dilihat sebagai ekspresi ketidakpuasan dalam tubuh elite Partai tertentu di dalam "bagi tumpok" dari APBA, yang memang hampir bersamaan dengan proses APBA,” pungkasnya.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda