Beranda / Berita / Aceh / Penderita Baru Covid-19 Bertambah 12 Orang, Satu Orang Sembuh

Penderita Baru Covid-19 Bertambah 12 Orang, Satu Orang Sembuh

Sabtu, 19 Desember 2020 19:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. [Foto: Ist.]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Penderita baru Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) bertambah 12 orang lagi di Aceh, sehingga jumlah kasus aktif menjadi 824 orang. Kasus aktif Covid-19 adalah jumlah penderita Covid-19 yang masih dalam perawatan rumah sakit atau isolasi mandiri. Sementara itu, pasien sembuh dilaporkan bertambah satu orang, dan tidak ada korban meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG kepada awak media massa di Banda Aceh, Sabtu (19/12/2020).

“Penambahan penderita baru positif Covid-19 menunjukkan penularan virus corona masih terjadi dan masyarakat wajib melindungi diri dan keluarganya,” tuturnya.

Menurut SAG, cara menjaga diri dan keluarga secara efektif dan hanya bisa dilakukan oleh masyarakat sendiri yaitu menghindari berpergian keluar daerah apabila tidak ada kebutuhan yang sangat-sangat mendesak. Bila sekadar bertamasya, sebaiknya menciptakan suasana rekreasi di rumah bersama keluarga.

Selain menghindari berpergian, lanjutnya, tetap menjalankan prosedur pencegahan Covid-19 secara individual dengan menjaga jarak dan tidak berkerumun, memakai masker setiap keluar rumah, dan mencuci tangan dengan memakai sabun selama 20 detik di bawah air mengalir, atau lebih dikenal dengan praktik 3M.

“Perilaku 3M merupakan cara efektif mencegah penularan virus corona. Kebiasaan 3M itu harus terus dipraktikkan meski nanti sudah dimulai vaksinasi Covid-19 di Aceh,” tutur SAG.

Kasus Kumulatif

Selanjutnya, seperti biasa, Juru Bicara Covid-19 Aceh itu melaporkan kasus kumulatif Covid-19, sejak kasus pertama diumumkan, 27 Maret 2020 silam. Jumlah akumulatif kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 8.562 orang. Penderita yang dirawat saat ini 824 orang, sudah sembuh sebanyak 7.403 orang, dan 342 orang meninggal dunia.

Penderita baru Covid-19 yang bertambah lagi sebanyak 12 orang di Aceh meliputi warga Kabupaten Pidie sebanyak sembilan orang, dan warga Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak tiga orang.

“Satu warga Aceh Timur dilaporkan sudah sembuh dari Covid-19, dan tidak ada satu pun korban virus corona yang dilaporkan meninggal dunia, dalam 24 jam terakhir di Aceh,” katanya.

Lebih lanjut, Jubir Pemerintah Aceh itu mengatakan, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi saat ini sebanyak 620 orang. Dari jumlah kasus probable tersebut, 24 orang dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 541 sudah selesai isolasi, dan 55 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 4.889 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.681 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 192 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 16 orang isolasi di rumah sakit.(*)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda