Logo Dialeksis - Masker
utu pangdam
Beranda / Berita / Aceh / Warga Peusangan Antri Berjam-Jam Bikin e-KTP dan KIA

Warga Peusangan Antri Berjam-Jam Bikin e-KTP dan KIA

Jum`at, 18 Oktober 2019 22:04 WIB

Font: Ukuran: - +

Warga Peusangan, Bireuen, antri membuat Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) di kantor camat setempat, Jumat (18/10/2019). [Foto: Fajrizal/Dialeksis.com]

DIALEKSIS.COM | Bireuen - Ratusan warga Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen rela antri berjam-jam untuk membuat Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Amatan Dialeksis.com, Jumat (18/10/2019) sore, di Aula Kantor Camat Peusangan, antusiasme masyarakat Kecamatan Peusangan cukup besar untuk membuat E-KTP dan KIA untuk anak-anak mereka.

Mereka rela mengantri berjam-jam agar mereka dan anak-anaknya yang masih dibawah umur memiliki identitas.

Beberapa ibu terlihat menggendong anaknya, sementara ibu dan bapak yang lain menggandeng anak di sampingnya walaupun demikian tidak menyurutkan niat mereka untuk membuat KIA dan KTP.

Kegiatan rekaman e-KTP dan KIA dalam program Pelumas (Pelayanan untuk Masyarakat) kerjasama antara Disdukcapil Aceh dengan Disdukcapil Kabupaten Bireuen ini, berlangsung dua hari (17-18/10/2019) di kantor camat setempat.

Camat Peusangan Erry Seprinaldi menjelaskan e-KTP yang sudah dicetak di hari pertama, Kamis (17/10/2019) berjumlah 200 lembar dan untuk KIA 330 lembar.

Kemudian, di hari kedua, Jumat (18/10/2019) sampai dengan pukul 15.30 WIB, e-KTP yang dicetak 110 lembar dan KIA 231 lembar.

e-KTP dan KIA yang telah selesai direkam dan dicetak, langsung diserahkan kepada yang bersangkutan hari itu juga.

"Sebelumnya warga terlebih dahulu melengkapi persyaratan yang telah ditentukan sebelum dilakukan perekaman E-KTP dan KIA ini," kata Erry Seprinaldi.

Menurutnya, meski waktu sudah sore masih ada warga yang berdatangan untuk menyerahkan bahan-bahan sebagai pesyaratan untuk perlengkapan memperoleh Kartu Indetitas Anak (KIA) bagi anak-anak mereka yang belum memiliki KIA.

Diperkirakan permohonan yang masuk sudah mencapai ribuan, dikarenakan waktunya terbatas, apabila KIA telah selesai dicetak Pemerintah Kecamatan akan menyerahkan kepada yang bersangkutan melalui keuchik masing-masing.

Camat Peusangan berharap nantinya seluruh masyarakat Kecamatan Peusangan berjumlah 54.555 jiwa terdiri dari laki-laki 26,780 jiwa, perempuan 27.775 jiwa yang ada di 69 Gampong dalam 9 Kemukiman. semuanya harus memiliki e-KTP begitu juga anak-anak di bawah umur sudah memiliki KIA.

Pihaknya berharap, Pemkab Bireuen bisa membentuk UPTD Disdukcapil di Kecamatan agar pelayanan bisa lebih maksimal.

"Kami juga berharap kepada seluruh Pemerintah Gampong untuk memberdayakan PRG ( Petugas Registrasi Gampong) yang telah ditunjuk di gampong-gampong dan dapat didanai dengan APBG," ujar Camat Erry Seprinaldi.(faj)

Editor :
Makmur Emnur

BPMA pangdam
riset-JSI
Komentar Anda
syamsul rizal hari guru