Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Waspada Potensi Kebakaran di Bulan Ramadhan

Waspada Potensi Kebakaran di Bulan Ramadhan

Selasa, 07 Mei 2019 23:28 WIB


Ilustrasi : FEE




DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh merupakan institusi yang menangani masalah penanggulangan kebakaran dan penyelamatan, baik pada saat sebelum, saat terjadi, maupun setelah terjadi kebakaran.

Dalam upaya pencegahan diperlukan kesiapsiagaan dari masyarakat maupun kesiapan dari petugas penanggulangan kebakaran, salah satu indikator dari kesiapan pertugas penanggulangan bencana adalah memberi rasa aman dalam beribadah kepada masyarakat pada bulan suci ramadhan 1440 H – 2019.

Mengantisipasi potensi rawan kebakaran selama bulan Ramadhan 1440 H, M. Nurdin, S.Sos  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kota Banda Aceh untuk mewaspadai beberapa kejadian/peristiwa kebakaran yang sering terjadi seperti :

  1. Potensi Kebakaran di Dapur
  2.  Jangan tinggalkan dapur dalam keadaan kompor menyala.
  3.  Matikan kompor lalu angkat panci dan wajan.
  4.  Begitu juga jika menggunakan oven, keluarkan makanan dan matikan oven.
  5.  Jauhkan kompor dari barang-barang yang mudah terbakar, seperti lap, sarung tangan oven, bahkan gorden dapur.
  6. Kewaspadaan terhadap Kompor LPG Sebagian besar, kebakaran atau ledakan disebabkan karena gas yang bocor terperangkap di ruangan dan terakumulasi hingga menyebabkan ledakan. Umumnya, kebocoran gas bisa disebabkan karena selang yang rusak/ sudah getas, regulator pada katup tabung tidak terpasang benar/ rusak, atau karet pengaman rusak. Ciri-ciri jika terjadi kebocoran gas biasanya akan terdengar bunyi mendesis pada regulator dan tercium bau gas.
  7.  Potensi kebakakaran karena Listrik.
  8. Jauhkan lampu dari benda apapun yang dapat terbakar seperti pelindung lampu, kasur, gorden, dan pakaian.
  9. Ganti kabel listrik yang rusak dan retak.
  10. gunakan sambungan kabel hanya untuk pengkabelan yang sifatnya sementara, pertimbangkan menggunakan sirkuit tambahan yang dibuat oleh tukang listrik yang mahir.
  11. Hubungi tukang listrik yang mahir jika Anda memiliki masalah dengan fuse atau braker listrik yang turun atau sesuatu yang berbau terbakar pada alat listrik Anda.

Jumlah kasus kebakaran yang terjadi pada saat bulan Ramadhan, pemicunya lantaran adanya kelalaian dari pemilik rumah dan pemilik bangunan.

Pengalaman ini tentunya menjadi pelajaran masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, kami minta masyarakat juga untuk terus waspada, dan menganjurkan warga memiliki alat pemadam api ringan (Apar) di tiap-tiap rumah. Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran kecil, serta menghubungi Dinas Damkar Banda Aceh di 0651-113 jika kebakaran tidak dapat teratasi” tambahnya. (Humas Damkar Banda Aceh)

Editor :
Pondek

Berita Terkait
    dpra
    Komentar Anda