Beranda / Berita / Anindya Bakrie: Visi Kadin Selaras dengan Pemerintah

Anindya Bakrie: Visi Kadin Selaras dengan Pemerintah

Sabtu, 29 Mei 2021 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Anindya Bakrie, calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026, mengatakan Kadin, sebagai wadah pengusaha nasional, memiliki visi dan misi yang selaras dengan pemerintah. Putra dari pengusaha dan politisi ternama Aburizal Bakrie ini merasa terpanggil menjadi calon ketum Kadin.

“Kami tidak lagi bicara soal visi misi kami, tapi visi misi kami dan Kadin harus selaras dengan pemerintah dimana 2045 menjadi Indonesia Emas," jelas Anindya dalam acara Silaturahmi Nasional yang digelar Kadin Indonesia di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Acara silaturahmi tersebut mengangkat tema “Sinergi Pemerintah dan Pengusaha Nasional/Daerah dalam Pemulihan Ekonomi, Investasi, dan Covid-19”.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah (OKP) itu memiliki program kerja yang diberi nama Pro Kadin.

Anindya memaparkan, pro dalam program kerjanya itu berarti Kadin yang profesional, saling bahu-membahu, untuk maju, naik kelas bersama.

Kemudian untuk kata Kadin, huruf "K" berarti kelembagaan dan SDM Kadin yang kuat, "A" merupakan agrikultur untuk ketahanan pangan, "D" adalah daerah berdaya dengan UMKM modern sebagai unggulan, "I" berarti berfokus terhadap industrialisasi berorientasi pada konektivitas dan ekspor, sedangkan "N" adalah normalisasi kehidupan pascapandemi dan kemandirian nasional bidang kesehatan.

"Program kerja ini fokusnya untuk lima tahun ke depan, karena lima tahun ke depan adalah lima tahun yang paling penting untuk 25 tahun ke depan mencapai Indonesia emas tahun 2045," kata Anindya Bakrie di acara Silaturahmi Nasional Kadin di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Anindya menyebut mayoritas Ketua Kadin di daerah sudah memberikan dukungan kepadanya untuk maju sebagai ketua umum Kadin Indonesia. Selain Anindya Bakrie, Arsjad Rasjid juga menginginkan jabatan tersebut.

Harapan Pemerintah dan Ketua Kadin

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sebagai mitra pemerintah dapat bersinergi aktif dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Kalau kita berhasil mengalahkan Covid tahun ini saya yakin Indonesia akan keluar menjadi bangsa yang besar tidak di tahun 2030, tetapi kita akan menjadi bangsa besar di tahun 2024," kata Airlangga dalam sambutan di acara silaturahmi nasional yang digelar Kadin Indonesia di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh anggota Kadin untuk menjaga kekompakan.

Menurutnya, kekompakan itu penting untuk selalu dijaga dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Apalagi Kadin merupakan partner penting pemerintah dalam mendorong perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19.

“Saya titip pada Kadin, Anda adalah partner pemerintah, saya harap Kadin betul-betul kompak dan memberikan bakti kepada bangsa ini. Anda harus menjadi teladan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Jangan terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik. Saya berharap ayo kita maju bersama, dan pemerintah sebagai partner Anda juga punya keinginan supaya Kadin juga bisa baik,” kata Luhut Binsar Pandjaitan di acara Silaturahmi Nasional yang digelar calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 Anindya Bakrie, di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (28/5/2021) malam.

Pada akhir April lalu, dalam acara silaturahmi dan diskusi dengan para Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin Indonesia, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan figur yang tepat untuk memimpin Kadin Indonesia hadir di antara peserta. Saat itu, satu-satunya calon ketua umum Kadin yang hadir adalah Anindya Bakrie.

"Munas (Kadin) ini juga akan memilih ketua umum yang baru. Karena itu saya berpesan, pilihlah ketua umum yang benar-benar mengerti Kadin sebagai organisasi dan mampu menjalankan program Kadin secara baik," kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani menambahkan, di masa kampanye calon ketua umum Kadin, dinamika menjadi lebih tinggi. Ia berpesan hal tersebut jangan sampai melunturkan rasa kebersamaan dan persaudaraan yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

“Saya mengakui bahwa Kadin adalah organisasi yang sudah sangat matang, yang bisa melewati semua medan dengan baik. Saya sangat meyakini Inshaallah Kadin akan mempunya ketua umum yang terbaik,” kata Rosan.

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda