Beranda / Berita / Bawaslu Pantau Pertarungan Kampanye Sangat Gaduh di Medsos

Bawaslu Pantau Pertarungan Kampanye Sangat Gaduh di Medsos

Senin, 18 Desember 2023 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty usai menghadiri acara Munggahan Pengawasan bertajuk Bincang-bincang Bawaslu dengan Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024 di Jakarta, Sabtu, 18 Maret 2023.



DIALEKSIS.COM | Jakarta - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan, tahapan kampanye Pemilu 2024 terkesan berjalan “adem ayem” jika dibanding Pemilu sebelumnya. Justru, kata Lolly, Bawaslu melihat pertarungan yang sangat gaduh berada di media sosial.

"Saat ini memasuki tahapan Kampanye dan sudah memasuki debat capres (calon presiden) pertama. Ada yang bilang kesannya adem ayem dibandingkan Pemilu 2019. Tetapi sebenarnya pertarungannya itu di dunia digital. Medsos dengan berbagai fitur video seperti TikTok sangat kuat untuk mempengaruhi," ujarnya sebagaimana dikutip pada Senin, (18/12/2023). 

Untuk itu, Lolly mengimbau, masyarakat perlu memanfaatkan tahapan kampanye ini untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Dalam mencari informasi tersebut, masyarakat juga perlu mengetahui apa yang menjadi bagian pelanggaran pemilu.

“Kalau menemukan dugaan pelanggaran bisa melaporkan kepada Bawaslu. Tetapi kita perlu tahu dulu yang melanggarnya apa? Kita tahu bagaimana melaporkannya dan ketiga tahu mekanismenya," kata Lolly.

Lolly kembali mengingatkan dunia digital saat ini sangat memberikan pengaruh yang besar dalam menyampaikan informasi. Karena itu, ia berharap, masyarakat bisa menyaring informasi yang benar dan bersedia menjadi bagian dari pengawasan partisipatif pemilu.

"Dunia digital sangat kuat pengaruhnya, tetapi saringannya masih kurang. Karena itu, perlu untuk tahu dan tidak terpancing meneruskan informasi yang tidak benar. Kita perlu aware situasi pelanggaran di sekitar kita," katanya.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda