Beranda / Berita / Berita Populer - Penempatan Rohingya di Galus, Pustaka Tenda untuk Tingkatkan Minat Baca, KONI Aceh Apresiasi BSI

Berita Populer - Penempatan Rohingya di Galus, Pustaka Tenda untuk Tingkatkan Minat Baca, KONI Aceh Apresiasi BSI

Sabtu, 16 Desember 2023 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Redaksi

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Berikut rangkuman berita populer Dialeksis.com dari kanal berita minggu ini.

Ada sederet peristiwa yang terjadi di Aceh dan secara nasional selama sepekan terakhir ini, terhitung sejak 10 Desember - 16 Desember 2023.

Namun dari sejumlah peristiwa yang dikabarkan Dialeksis.com tersebut, ada 6 berita yang masuk dalam daftar berita populer.

Diantaranya, ada berita terbaru soal keberadaan Rohingya di Aceh dengan sejumlah kontroversinya. Pengungsi Rohingya yang semakin banyak datang ke Aceh hingga pemerintah membuat opsi untuk menempatkan mereka di Gayo Lues.

Selanjutnya, ada berita Ketua PMI Banda Aceh yang sering mendapat wejangan dari Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla agar senantiasa ikhlas membantu masyarakat.

Selain itu, ada berita terkait upaya peningkatan minat baca, Dispersip Aceh Besar gelar pustaka tenda.

Selengkapnya, simak dalam rangkuman berita populer Dialeksis.com berikut ini.

1. UNHCR Luruskan Informasi Penempatan Pengungsi Rohingya di Gayo Lues

Protection Associate UNHCR Indonesia, Faisal Rahman meluruskan informasi perihal pengungsi Rohingya yang direncanakan mau ditempatkan di Kabupaten Gayo Lues.

Faisal menerangkan bahwa rencana itu memang ada dibahas dalam rapat koordinasi antara Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, dan Pj. Bupati Gayo Lues, pada Selasa (12/12/2023). Namun, hingga saat ini belum ada petunjuk atau tindaklanjut dari Pemerintah Provinsi Aceh terkait rencana tersebut.

“Di awal memang sempat ada opsi, bahwa Pemprov Aceh sedang mencari tempat untuk memindahkan pengungsi Rohingya sementara di Aceh Tamiang atau Gayo Lues,” kata Faisal saat diwawancarai Dialeksis.com, Sabtu (16/12/2023).

Baca selengkapnya di sini.

2. Ketua PMI Banda Aceh: Pak JK Sering Berpesan Agar Ikhlas Bantu Masyarakat

Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri ikut mendampingi inisiator sekaligus tokoh perdamaian Aceh, Jusuf Kalla (JK) saat menghadiri Pengukuhan Malik Mahmud Al Haytar sebagai Wali Nanggroe Aceh periode ke dua di Gedung DPRA.

“Pertemuan kami hari ini terbilang cukup singkat, hanya beberapa jam saja. Kami menjemput beliau di bandara, menemani beliau dalam perjalanan ke DPRA, dan setelah itu mengantar kembali ke bandara sebelum salat Jumat tadi,” tulisnya di postingan akun Instagram pribadi Ahmad Haeqal yang dikutip Dialeksis.com, Sabtu (16/12/2023).

Haekal juga membeberkan, selama dirinya diberi mandat untuk mengurus lembaga PMI Kota Banda Aceh, Jusuf Kalla sering kali berpesan kepada Haekal agar secara ikhlas membantu masyarakat Aceh, karena layanan PMI Kota Banda Aceh masih dibutuhkan masyarakat.

“Alhamdulillah kebijaksanaan dan track record beliau menjadi semangat bagi kami untuk berkontribusi lewat PMI, khususnya dalam hal memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat, khususnya Aceh. Sehat selalu dan terima kasih Pak JK,” tutupnya.

Baca selengkapnya di sini.

3. Kemenperin Apresiasi Peran Besar IKM, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung penumbuhan dan pengembangan pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di tanah air melalui berbagai program dan kegiatan strategis. Pemberdayaan IKM juga turut didukung oleh berbagai stakeholder lainnya seperti BUMN, BUMD, sektor swasta, akademisi, dan asosiasi, yang bertujuan agar dapat meningkatkan peran IKM dalam memacu perekonomian nasional.

“IKM memegang peran penting dalam penguatan struktur industri dan turut mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Hal ini karena sektor IKM berkontribusi dalam hal penyerapan tenaga kerja, pemerataan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis (14/12/2023).

Menperin mengemukakan, saat ini populasi IKM berjumlah 4,19 juta unit usaha atau mendominasi hingga 99,7% dari total unit usaha industri di Indonesia. Selain itu, IKM telah menyerap tenaga kerja sebanyak 12,67 juta orang atau menyumbang 65,52% dari total tenaga kerja industri.

Baca selengkapnya di sini.

4. Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Aceh Besar Gelar Pustaka Tenda di Lampanah Leungah

Untuk meningkatkan minat membaca dan cinta ilmu bagi anak-anak di kawasan pelosok, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Besar, menggelar Pustaka Tenda di Lampanah Leungah, Kecamatan Seulimuem, Jum'at (15/12/2023).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Aceh Besar Fazlun SH MT, mengatakan, Pustaka Tenda merupakan salah satu strategi untuk mendorong partisipasi anak-anak agar cinta ilmu dan mau membaca, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan indeks literasi.

"Ini merupakan salah satu strategi yang kita lakukan, semoga dapat mendorong anak-anak mencintai ilmu, mau membaca. Ini yang secara terus-menerus dilakukan oleh Dispersip," katanya.

Baca selengkapnya di sini.

5. Peringati Maulid Nabi Muhammad, KFC Banda Aceh Santuni Anak Yatim dan Doa Bersama

Restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) Banda Aceh melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan santunan anak yatim. Kegiatan itu juga digelar doa bersama untuk warga Palestina dan korban Tsunami Aceh, Sabtu (16/12).

Area Coach Wilayah Aceh KFC, Jumiadno, menjelaskan bahwa kegiatan ini saban tahun digelar. Bahkan pihaknya juga berpartisipasi dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional yang lalu.

“Acara ini kami lakukan secara rutin setiap tahun, Alhamdulillah sambutan dari masyarakat luar biasa,” ujar Jumiadno.

Baca selengkapnya di sini.

6. KONI Aceh Apresiasi Dukungan BSI untuk Pembinaan Atlet dan Penyelenggaraan PON

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menyampaikan apresiasi dan terimaksih kepada Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional Aceh yang telah mendukung langsung proses pembinaan atlet, dan persiapan penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 di Aceh.

Ungkapan itu disampaikan langsung Ketua Umum KONI Aceh H. Kamaruddin Abu Bakar, pada kunjungan ke Kantor BSI Pusat Regional Aceh, Jumat 15 Desember 2023.

Di pertemuan itu, Abu Razak sapaan akrab H. Kamaruddin Abu Bakar”turut didampingi Wakil Ketua Drs. Bachtiar Hasan MPD, serta sejumlah pengurus lainnya. Kedatangan Abu Razak disambut langsung CEO BSI Regional Aceh Wisnu Sunandar.

Baca selengkapnya di sini.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda