Beranda / Berita / BMKG: Hujan Lebat di Aceh dan Provinsi Lain, Berpotensi Banjir

BMKG: Hujan Lebat di Aceh dan Provinsi Lain, Berpotensi Banjir

Sabtu, 23 Oktober 2021 13:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: scroll.in



DIALEKSIS.COM | Nasional - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, Sabtu (23/10/2021). Di Sumatera, cuaca tersebut berpotensi terjadi hampir di seluruh provinsi mulai dari Aceh hingga Lampung. 

 Hujan tersebut dapat disertai kilat dan angin kencang. Kondisi yang sama diperkirakan akan terjadi di Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan turun di bagian wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. "Di Ibu Kota hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari," dikutip dari laman resmi BMKG.

BMKG menyampaikan peringatan mengenai potensi banjir di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat.

Menurut BMKG, peningkatan potensi hujan di sejumlah wilayah provinsi terjadi akibat sirkulasi siklonik yang terpantau di Teluk Thailand, Kepulauan Bangka Belitung, dan Samudera Pasifik utara Halmahera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin atau konvergensi.

"Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga perairan timur Riau, Samudra Hindia barat Banten, perairan utara Papua, dan Papua. Keberadaan daerah konvergensi meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi," tulis BMKG.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda