Beranda / Berita / Dampak Karhutla, Kualitas Udara Jadi Sangat Tidak Sehat

Dampak Karhutla, Kualitas Udara Jadi Sangat Tidak Sehat

Senin, 04 September 2023 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Palembang - Kualitas udara di Kota Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) tidak sehat pada hari ini, Senin, 4 September 2023. Khusus di wilayah Kenten Palembang kategori udara sangat tidak sehat berdasarkan data Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel.

"Kualitas udara buruk ini disebabkan titik api dari kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumsel sehingga asap tersebut terbawa angin masuk ke Palembang,” kata Koordinator Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang, Sinta Andayani, Senin (4/9/2023). 

Sinta mengatakan penyebab lainnya adalah kondisi cuaca yang tidak ada potensi hujan serta ditambah sekarang masuk musim kemarau penyebab kualitas udara di Palembang tidak sehat.

Dia menjelaskan, ada salah satu cara praktis bagi masyarakat untuk mendeteksi udara tidak sehat. Di mana jika masyarakat bernafas tercium ada bau asap pembakaran maka itu termasuk kategori udara tidak sehat.

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memakai masker medis bila beraktivitas di luar ruangan.

“Masyarakat juga dapat memantau kualitas udara melalui aplikasi infobmkg atau melalui web https://bmkg.go.id/kualitas-udara/informasi-partikulat-pm25.bmkg,” katanya.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda