Beranda / Berita / Ini 11 Nama Panelis yang Rumuskan Pertanyaan Debat Cawapres

Ini 11 Nama Panelis yang Rumuskan Pertanyaan Debat Cawapres

Selasa, 19 Desember 2023 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Ketua KPU Hasyim Asy'ari.


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Komisi Pemilihan Umum(KPU) mengumumkan 11nama panelis yang akan merumuskan daftar pertanyaan seputar isu dari tema debat kedua. Mereka dihadirkan saat debat perdana cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) malam WIB.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menerangkan, latar belakang ke-11 panelis tersebut berkaitan erat dengan isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

"Adapun nama-nama panelis yang sudah disiapkan oleh KPU, ada 11 orang dengan latar belakang berhubungan dengan tema debat tentunya yang secara garis besar tentang ekonomi," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2023).

Hasyim menjelaskan, ke-11 panelis tersebut akan dikarantina selama tiga hari untuk merumuskan daftar pertanyaan pada debat kedua. "Untuk tim panelis, sebagaimana yang lalu, yang besok ini juga begitu. Karena debatnya tanggal 22, maka karantina mulai tanggal 20 Desember 2023 dan sehari setelahnya," jelasnya.

Adapun ke-11 panelis pada debat cawapres adalah sebagai berikut:

Anggota Ombudsman RI periode 2018-2020 Alamsyah Saragih, ekonom dan pengajar FEB Universitas Jember Adhitya Wardhono, ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya periode 2015-2023 Agustinus Prasetyantoko.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung Fauzan Al Rasyid, ekonom dan pendiri CORE Indonesia Hendri Saparini, Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN Hyronimus Rowa.

Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Poppy Ismalina, Rektor Universitas Bengkulu periode 2021-2025 Retno Agustina Ekaputri, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Suharnomo.

Direktur Eksekutif Indef dan dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Tauhid Ahmad, Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yosa Rizal Damuri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada (13/11/2023), menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Mereka adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Adapun debat berlangsung selama kali untuk capres dan cawapres.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda