Beranda / Berita / Ini Astronaut Wanita Pertama UEA

Ini Astronaut Wanita Pertama UEA

Minggu, 11 April 2021 23:50 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Abu Dhabi - Ambisi luar angkasa Uni Emirat Arab (UEA) sedikit lebih inklusif. Seperti dilaporkan RT, Sabtu (10/4/2021), seorang wanita terpilih sebagai salah satu dari dua kandidat untuk pelatihan yang dibantu NASA sebagai awak misi di luar angkasa.

Nama-nama dari dua anggota angkatan kedua astronaut Emirat ini diumumkan pada hari Sabtu oleh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA. Noura al-Matroushi terpilih sebagai kandidat perjalanan luar angkasa wanita pertama dari negara Arab.

Noura al-Matroushi dan rekan prianya Mohammed al-Mulla dipilih dari daftar 14 kandidat, yang terdiri dari sembilan pria dan lima wanita. Menurut kantor berita negara WAM, lebih dari 4.300 orang melamar pekerjaan setelah perekrutan dimulai pada Desember 2019.

Matroushi memiliki gelar sarjana di bidang teknik mesin dari Universitas UEA dan dikatakan sebagai ahli matematika pemenang penghargaan. Jika terpilih untuk misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, dia akan menjadi wanita Arab pertama yang pergi ke luar angkasa.

Rekan Noura al-Matroushi dalam pelatihan, Mulla adalah seorang pilot sipil yang disegani. Dia bekerja sebagai pelatih kepala di kepolisian Dubai. Noura dan Mulla akan bergabung dengan kelas Calon Astronaut NASA dan program pelatihan di Johnson Space Center di Texas akhir tahun ini.

Orang Emirat pertama yang pergi ke luar angkasa adalah Hazza al-Mansouri, yang pada September tahun lalu menjabat sebagai spesialis penerbangan di pesawat ruang angkasa Soyuz MS-15, ketika terbang ke ISS.

Sultan al-Neyadi, rekan al-Mansouri dalam pelatihan, bertugas sebagai awak cadangan untuk misi tersebut. Mereka melanjutkan pelatihan untuk kemungkinan misi luar angkasa di masa depan.

Namun orang Arab pertama yang melakukan misi luar angkasa adalah pangeran Saudi Sultan bin Salman, yang merupakan bagian dari misi Pesawat Ulang-Alik 1985. Wanita Muslim pertama di luar angkasa adalah Anousheh Ansari, seorang pengusaha AS kelahiran Iran, yang melakukan perjalanan ke ISS pada tahun 2006.[Beritasatu]


Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda