Beranda / Berita / Jamaah Positif Covid-19, Arab Saudi Hentikan Sementara Umrah Bagi Indonesia

Jamaah Positif Covid-19, Arab Saudi Hentikan Sementara Umrah Bagi Indonesia

Rabu, 18 November 2020 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Umat ??Muslim, menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram sambil menjaga jarak sosial yang aman, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 1 November 2020. [Foto: Kantor Pers Saudi via Reuters]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Arab Saudi melarang sementara Indonesia untuk mengirim jamaah umrah. Konsul Haji dan Umrah di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Jeddah, Arab Saudi Endang Jumali mengatakan saat ini pihak Saudi sedang melakukan evaluasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan untuk Covid-19 dan kebijakan-kebijakan pelaksanaan umrah di masa pandemi Covid-19.

Baru sekitar dua pekan, Arab Saudi mengizinkan jamaah dari luar negeri termasuk Indonesia, datang untuk berumrah, negara Kabah itu kembali memutuskan melarang Indonesia mengirim jamaah umrahnya. Keputusan itu diambil secara sepihak oleh Arab Saudi setelah mendapati adanya 13 jamaah dari Indonesia yang terinfeksi Covid-19 setelah menjalani tes swab saat menjalani karantina tiga hari di hotel tempat mereka menginap.

Endang Jumali, Konsul Haji dan Umrah di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Jeddah, Arab Saudi membenarkan mengenai adanya larangan sementara bagi Indonesia untuk mengirim jamaah umrah. Dia menambahkan sekarang ini pihak Saudi sedang melakukan evaluasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan untuk Covid-19 dan kebijakan-kebijakan pelaksanaan umrah di masa pandemi Covid-19.

"Sehingga larangan bagi jamaah dari Indonesia hanya bersifat sementara yang kemungkinan untuk evaluasi berbagai aspek, baik di Arab saudi ataupun di Indonesia," kata Endang, dikutip dari VoA Indonesia, Rabu (18/11/2020).

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Umrah Kementerian Agama, Ali Zakiyudin, mengatakan penghentian sementara umrah bagi jamaah asal Indonesia tersebut dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi guna mengevaluasi bagaimana memaksimalkan upaya untuk menekan penularan Covid-19 di antara jamaah umrah. (*)

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda