Beranda / Berita / Jelang Ramadan, Pangeran MbS RIlis Aturan Dilarang Live saat Salat

Jelang Ramadan, Pangeran MbS RIlis Aturan Dilarang Live saat Salat

Kamis, 09 Maret 2023 20:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Pelaksanaan ibadah Haji umat muslim. (Foto: AFP)

DIALEKSIS.COM | Riyadh - Pangeran Mohammed bin Salman merilis sejumlah aturan yang berlaku selama bulan Ramadan di Arab Saudi. Salah satunya adalah dilarang live di medsos saat salat.

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) mengumumkan kebijakan baru terkait bulan Ramadan melalui surat edaran dari Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi, Abdullah Al Sheikh, pada pekan lalu.

Salah satu aturan baru tersebut adalah dilarang menyiarkan secara langsung atau mengunggah foto dan video ke media sosial saat sedang salat.

"Surat edaran menekankan pentingnya mematuhi arahan terkait kontrol pemasangan kamera di masjid," demikian pernyataan kementerian itu situs resminya.

Pernyataan tersebut lalu berlanjut, "Tak menggunakan kamera untuk memotret imam dan jemaah saat salat, tak menyebarkan atau menyiarkan salat di media apa pun."

Namun, edaran tersebut tak memberikan rincian lebih lanjut terkait aturan penyiaran salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pada bulan Ramadan 2022, publik sempat geger usai Arab Saudi mengumumkan bakal menghentikan siaran langsung di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi selama Ramadan.

Namun, Pemerintah Arab Saudi kemudian mengonfirmasi bakal menyiarkan secara langsung salat di dua masjid itu selama bulan suci umat Islam.

Sementara itu, dalam surat edaran terbaru itu, Kerajaan Arab Saudi juga meminta buka puasa harus digelar di area yang sudah ditentukan di halaman masjid.

Aturan baru tersebut juga mengimbau agar pengurus masjid mematuhi waktu azan yang sudah ditetapkan berdasarkan kalender Umm Al Qura atau kalender hijriah.

Arab Saudi juga mengimbau agar jemaah tak membawa anak-anak ke masjid saat salat. Hal tersebut dianggap bisa mengganggu jemaah dalam beribadah. [Detik]

Keyword:


Editor :
Sammy

riset-JSI
Komentar Anda