Beranda / Berita / Kasus Covid-19 di Sumatera Naik

Kasus Covid-19 di Sumatera Naik

Kamis, 13 Mei 2021 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +



DIALEKSIS.COM | Jakarta - Kasus positif Covid-19 di Pulau Sumatera naik dalam satu setengah bulan terakhir, sementara kasus infeksi virus corona di Pulau Jawa menurun.

Padahal menurut Juru bicara Satgas PenangananCovid-19, Wiku Adisasmito, biasanya kasus positif Covid-19 di Sumatera kurang dari 20 persen untuk keseluruhan kasus nasional. Sementara Jawa biasanya menempati 60-70 persen kasus nasional.

"Mulai mengalami peningkatan signifikan dalam satu setengah bulan terakhir dengan kenaikan 27,22 persen di bulan Mei 2021 dibandingkan bulan Januari 2021," kata Wiku dalan konferensi pers secara virtual, Rabu (12/5).

Sementara itu di wilayah Pulau Jawa, sejak Mei kasus positif Covid-19 di Pulau Jawa mengalami penurunan sebanyak 11,06 persen.

"Sehingga kita dapat memetik pelajaran bahwa Covid-19 bukanlah hanya soal permasalahan di Pulau Jawa saja, ternyata juga dapat terjadi kenaikan kasus di luar Pulau Jawa bahkan di wilayah yang minim hiruk pikuknya," tutur Wiku.

Terkait penurunan kasus di Pulau Jawa ini, Wiku mewanti-wanti kepada pemerintah daerah untuk mempertahankannya dan jangan sampai lengah.

Sedangkan untuk daerah lain yang masih mengalami peningkatan kasus Covid-19 untuk terus meningkatkan upaya pencegahan.

"Saya meminta agar tingkatkan kembali upaya pencegahan dan pengawasan terhadap protokol kesehatan di masyarakat, sehingga kasus dapat terus ditekan," ucap Wiku.[CNN Indonesia]










Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda