Beranda / Berita / Kemenag Raih Best Digital Innovation pada Anugerah Times Indonesia 2023

Kemenag Raih Best Digital Innovation pada Anugerah Times Indonesia 2023

Senin, 18 Desember 2023 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Satu lagi penghargaan diraih Kementerian Agama. Jelang tutup tahun, kementerian bermotto Ikhlas Beramal ini mendapat penghargaan sebagai Best Digital Innovation kategori Nasional dalam Anugerah Times Indonesia (ATI) 2023.

Kemenag dinilai berhasil menjadi instansi yang mampu menghadirkan inovasi digital melalui Pusaka Superapss sebagai aplikasi yang mengintegrasikan beragam layanan keagamaan. Sehingga, aplikasi ini dapat memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat.

Mewakili Kementerian Agama, penghargaan ini diterima oleh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag, Akhmad Fauzin, di Kota Malang, Minggu (17/12/23)."Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Kemenag. Ini merupakan apresiasi atas apa yang sudah dilakukan Gus Men Yaqut Cholil Qoumas dengan program prioritasnya, yaitu transformasi digital," ungkap Fauzin, panggilan akrabnya.

Dijelaskan Fauzin, Transformasi Digital menjadi komitmen Gus Yaqut sejak dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama pada akhir 2020. “Sejak dilantik, Gus Men berkomitmen untuk melakukan perbaikan terhadap tata kelola Kemenag, salah satunya melalui program prioritas transformasi digital ini,” jelasnya.

Fauzin melanjutkan, Pusaka Superapps hadir untuk mendekatkan layanan Kemanag kepada masyarakat. Dengan aplikasi ini, pelayanan Kemenag tak terikat waktu dan tempat sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik.

Ia pun mengungkapkan bahwa penghargaan ATI 2023 ini juga menjadi pemicu bagi Kementerian Agama untuk terus berinovasi lebih baik lagi. “Ini sebagai pemicu agar bisa jauh lebih baik dibanding sebelumnya dalam melayani masyarakat, khususnya pada layanan keagamaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim juri Anugerah Times Indonesia, Bambang H Irwanto mengatakan Pusaka Superapps merupakan langkah terintegrasi yang menyatukan beragam layanan Kemenag RI dalam satu platform.

“Digitalisasi layanan ini memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang ibadah, pendidikan agama, data keagamaan, dan layanan halal, Pusaka Superapps menjadi tonggak penting dalam transformasi digital Kemenag RI,” kata Bambang.

ATI 2023 sendiri diselenggarakan Media Times Indonesia untuk kali ketujuh. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh atau instansi yang telah menjadi pionir inovasi, sumber inspirasi, dan pembawa semangat positif dalam perjalanan bangsa.

ATI 2023 mengangkat tema "Inovasi dan Inspirasi Indonesia". Tema ini mencerminkan semangat untuk mengakui dan merayakan prestasi dalam menghasilkan ide-ide baru, menciptakan solusi kreatif, dan memberikan inspirasi positif kepada masyarakat. Acara ini menjadi wadah untuk memberikan apresiasi kepada para pemimpin di berbagai bidang yang telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan dan perkembangan Indonesia.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda