Beranda / Berita / Lagi, UTU Raih Predikat Terhijau di Aceh Versi UI Greenmatric

Lagi, UTU Raih Predikat Terhijau di Aceh Versi UI Greenmatric

Rabu, 09 Desember 2020 11:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Ilustrasi Gerbang UTU

DIALEKSIS.COM | Aceh Barat -  Universitas Teuku Umar (UTU) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan kembali mendapatkan peringkat 23 secara nasional Versi UI Greenmatric sebagai kampus berkelanjutan terbaik se-Indonesia pada tahun 2020.

Hal ini tentu sangat membanggakan mengingat UTU dalam lima tahun terakhir secara berturut-turut mampu secara konsisten masuk kedalam peringkat 30 besar semenjak keikutsertaan pertama kali pada tahun 2016. Hasil peringkat ini diumumkan secara langsung melalui zoom meeting yang disiarkan secara langsung. 

Pada tahun 2020 ini jumlah kampus yang ikut serta meningkat dari 72 Universitas menjadi 88 Universitas. Lebih lanjut, di tingkat provinsi, UTU kembali berhasil mempertahankan prestasi sebagai Kampus berkelanjutan terbaik atau terhijau se-Provinsi Aceh , yang diikuti oleh Universitas Syiah Kuala (peringkat 31), dan Universitas Samudera (Peringkat 75). Jika diranking secara dunia, maka dari 912 perguruan tinggi dunia yang menjadi peserta UI Greenmatric, maka UTU berada pada posisi ranking 333, sementara Universitas Syiah Kuala ranking 383, dan Universitas Samudera berada pada peringkat 849. 

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr Jasman J Ma’ruf mengatakan hasil yang sangat membanggakan ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak yang terkait sehingga hasil optimal berhasil diraih. Beliau juga menegaskan bahwa walaupun secara peringkat UTU terjadi penurunan 1 tingkat, namun dari segi skor total penilaian terjadi kenaikan yang sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa UTU sangat berkomitmen dan konsisten dalam rangka menjadi kampus berkelanjutan di Indonesia.

UI GreenMetric merupakan pelopor dalam pemeringkatan melalui pengembangan alat ukur kampus berkelanjutan dan hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh Perguruan Tinggi di dunia. Dalam penilaiannya, UI Greenmetric menggunakan 6 indikator yaitu, Setting and Insfratructure, Energy and climate change, Waste, Water, Transportation, dan Education. Berdasarkan ke-6 kriteria tersebut, kampus dituntut untuk bisa menerapkan konsep keberlanjutan dalam berbagai aspek secara konsisten. 

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda