Beranda / Berita / Larastivana: Seni Dapat Meningkat Kemampuan Otak Dalam Berkreatif

Larastivana: Seni Dapat Meningkat Kemampuan Otak Dalam Berkreatif

Rabu, 08 September 2021 20:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Fatur

Fatru


Tari Tradisional. [Foto: Ist] 


DIALEKSIS.COM |Jakarta - Pendiri Komunitas ETNIES, Enyadirmata Larastivana mengatakan kesenian menjadi salah satu cara agar anak dapat bersosialisasi dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan dalam berkreasi dan kreatifitas anak dapat meningkat.

Laras mengatakan, Kesenian atau Seni itu banyak materinya.

"Misal seperti aku yang suka buat puisi dan lukisan, jadi segala kekesalan dan juga depresiku ku itu selalu kulimpahkan dalam bentuk karya saja sudah," ucapnya kepada Dialeksis.com melalui via telepon internasional.

Laras yang juga seorang pemerhati sosial masyarakat di Canada mengatakan, bagiku Seni itu juga sebuah penyelamat hidup seseorang dari Depresinya seseorang.

"Sebenarnya pengaruh lingkungan itu juga penting dalam hal ini, karena saya itu ingat banget pas nonton Podcast Deddy Corbuzier sama Botuna (Desta), yang desta bilang ‘Musik (Seni) menyelamatkan teman saya," kata Laras yang juga pengusaha kuliner di Canada.

Enyadirmata Larastivana yang akrab disapa Ejaks menyampaikan, pentingnya kesenian juga sangat berpengaruh untuk kehidupan juga. 

"Jika bicara konteks seni saja ya, bagus juga untuk kehidupan, karena dapat mengubah modd dan meningkatkan kualitas otak dalam berpikir dan menciptakan sebuah karya seni," tukasnya.

Lanjutnya, "Kesenian itu banyak juga, ada seni lukis, tari, musik, dan masih banyak lagi ya, tulisan juga masuk seni juga (Seni Menulis), dan jika yang bagus untuk kesehatan juga ada, ini biasanya sih cewe-cewe yang suka, itu ada seni menari, karena dapat buat badan bergerak terus sehat jadinya, dan ini bagus juga buat anak-anak," jelas Ejaks.

Larastivana juga menyampaikan, sekarang tergantung pada seseorang mau apa dan seperti apa jalan hidupnya jika masuk dalam dunia atau berkiprah dalam kesenian.

"Sebenarnya dalam hal ini juga, jangan pernah ada paksaan sama sekali, biar saja mengalir agar tenang nyaman dan lurus otaknya, dan untuk anak sih, bagiku seni itu penting sekali dalam meningkat kemampuan dan skill dalam dunia seni tak lupa tingkat sosial anak terhadap anak juga akan meningkat, kalau anak-anakku, suka musik dua-duanya dan kebetulan perempuan juga dua-duanya, satu Gitar bass dan satu piano, keseukaannya dimusik classic sama Jazz, sedangkan aku karena melukis sama berpuisi, dan suamiku kebetulan musisi juga, bisa dibilang jago main Gitar Bass sama Gitar, jadi adem saja, selalu ceria sih rumah sosial lingkungan juga yang tadinya kelam dan sepi ini malah jadi ramai selalu ada BBQ di belakang rumahku, jadi Seni juga dapat membuat suasana nyaman dan seru," Kata Larastivana. [ftr]


 Ilustrasi Jaming Musik. [Foto: Ist]


Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda