Beranda / Berita / Masuk ke Pasar Wuhan, WHO Selidiki Asal Mula Covid

Masuk ke Pasar Wuhan, WHO Selidiki Asal Mula Covid

Minggu, 31 Januari 2021 20:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Foto: Logo WHO


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengunjungi pasar Huanan yang terletak di Wuhan, China pada hari ini, Minggu (31/01/2021).

Dikutip dari Reuters, mereka bakal melakukan penyelidikan mengenai asal usul virus Covid-19 menyebar. Seperti diketahui, ada isu kuat bahwa pasar ini yang telah menimbulkan kekacauan di dunia dengan penyebaran virus Covid-19.

Tim ahli dari WHO tiba dengan keamanan yang ketat, tambahan barikade berupa pagar yang mengelilingi pasar. Namun, tim itu enggan menjawab pertanyaan dari wartawan mengenai penyelidikan selama dua minggu ke depan.

Sebelumnya, pada hari Jumat lalu WHO sudah mengonfirmasi bahwa kunjungan yang diselenggarakan oleh tuan rumah China tidak akan melakukan kontak dengan masyarakat, karena pembatasan kesehatan. Jurnalis yang meliput pun akan sangat dikontrol ketat.

Protokol ketat itu tidak lepas dari akses publik ke pasar itu yang juga sangat terbatas sejak ditutup awal tahun lalu. Padahal, sebelum tutup, pasar dipadati dengan ratusan kios yang dibagi menjadi beberapa bagian untuk daging, makanan laut, dan sayuran.

Pada 31 Desember 2019 kala penemuan empat kasus misterius yang disebut sebagai cikal bakal Covid-19 ke seluruh dunia, pasar ini sempat ditutup.

Karena itu, para ahli mengatakan pasar Huanan masih berperan dalam melacak asal-usul virus, sejak kelompok kasus pertama teridentifikasi di sana. Namun, penyelidikan ini sempat terganggu oleh penundaan akibat panasnya hubungan China dan Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump saat itu. (CNBC Indonesia)


Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda