Beranda / Berita / Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan Sorong

Menag Lantik Rektor IAIN Takengon dan Sorong

Selasa, 30 April 2024 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Biyu

Prosesi pelantikan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon dan IAIN Sorong pada Senin, 29 April 2024 di Kantor Kementerian Agama. Foto: Kolase Dialeksis.com


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melantik Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon dan IAIN Sorong pada Senin, 29 April 2024. Pelantikan berlangsung di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4, Jakarta.

Prosesi diawali dengan pembacaan Keputusan Menteri Agama. Kemudian, Menag meminta pengucapan sumpah jabatan dari kedua rektor baru. Setelahnya, penandatanganan berita acara dan penyampaian arahan Menag kepada rektor yang dilantik.

Mereka yang dilantik adalah Prof. Dr. Ridwan, M.C.L. sebagai Rektor IAIN Takengon dan Dr. Suparto Iribaram, S.Sos., M.A. sebagai Rektor IAIN Sorong. Tampil sebagai saksi, Sekretaris Jenderal Kemenag Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.T.P., M.T., serta Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM Kemenag sekaligus Plt. Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Dr. H. Abu Rokhmad, M.Ag.

Hadir pula Wamen Agama Saiful Rahmat Dasuki, pejabat eselon I Kemenag, staf khusus dan tenaga ahli Menag, serta pejabat eselon II di lingkungan Kemenag. Dari IAIN yang bersangkutan, hadir Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag., Prof. Dr. Teuku Zulfikar, S.Ag., M.Ed., dan Kepala Biro AAKK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan, Drs Ibnu Sa'dan, MPd, serta perwakilan dari IAIN Sorong, Dr. Sudirman, S.H., M.H.I., dan Dr. Muh. Arsyad Ambo Tua, M.Pd.I.

Dalam arahannya, Menag Yaqut menekankan pentingnya peran PTKIN dalam memperkuat nilai-nilai keislaman di masyarakat. Ia meminta rektor baru memastikan pelaksanaan Tridharma dengan baik di kampus masing-masing.

"Jadikan IAIN sebagai pusat pengembangan ilmu keislaman yang unggul dan berkarakter," kata Menag seraya berharap IAIN Takengon dan Sorong semakin berkontribusi dalam pembangunan SDM berkualitas.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda