Beranda / Berita / Plh Dirjen Bina Pemdes: Teknologi Kian Maju, Desa Diminta Berinovasi

Plh Dirjen Bina Pemdes: Teknologi Kian Maju, Desa Diminta Berinovasi

Jum`at, 17 November 2023 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Penutupan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa 2023, Angkatan XI, di Kendari, Sulawesi Tenggara


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Pelaksana Harian (PLH) Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), La Ode Ahmad P Bolombo, meminta pemerintah desa memunculkan inovasi memajukan desa. Saat ini banyak informasi dan teknologi baru yang bisa dikembangkan di desa.

Melalui siaran pers dari Bina Pemdes yang diterima Rabu (15/11/2023), disebutkan, ajakan La Ode itu disampaikan saat menutup acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa 2023, Angkatan XI, di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Melalui arahan secara daring, La Ode menjelaskan, berbagai macam cara harus dilakukan untuk membuat desa maju, mandiri, dan sejahtera.

"Semua kompetensi, pemahaman dari pemerintahan desa, kolaborasi, sinergi, kerjasama, semuanya harus diarahkan bagaimana agar desa bisa produktif," katanya.

Apalagi, sambung dia, saat ini pemerintah dari tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten, semuanya mengurus desa.

Dia juga mengharapkan, ke depan ada data desa yang lengkap. "Yang melaporkan kondisi secara aktual," katanya.

Sementara itu Sesditjen Bina Pemdes, Paudah, memaparkan, target pelatihan di Provinsi Sultra pada 2023 seluruhnya 1.476 desa atau 5.904 orang.

Namun yang mengikuti pelatihan sebanyak 1.473 desa atau 99,79 persen. Peserta yang telah mengikuti sebanyak 5.730 orang dari 5.904 orang, atau 97,05 persen.

Penceramah pada kegiatan pelatihan diarahkan untuk memberikan materi leadership (kepemimpinan) dan entrepreneurship (kewirausahaan).

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda